Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Zulhas Minta Pengusaha Besar Bantu UMKM demi Percepatan Pertumbuhan Ekonomi

Zulhas Minta Pengusaha Besar Bantu UMKM demi Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Kredit Foto: Kemendag
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi lokal melalui usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Untuk itu, ia meminta pelaku usaha besar membantu pelaku UMKM agar terus berkembang.

Hal ini diungkap Mendag Zulkifli Hasan saat menghadiri Pembukaan Pasar Sentra Hasil Bumi dan Produk Usaha UMKM serta Gerakan Masyarakat Melek Metrologi di Kabupaten Serang, Banten, pada Kamis (28/7/2022).

Baca Juga: Pemerintah Bersama UMKM dan Pengusaha Siap Bawa Indonesia Jadi Pusat Industri Halal Dunia 2024

"Saya meminta pelaku usaha besar membantu warung-warung dan UMKM. Salah satunya adalah dengan menyuplai produk harga sama dengan ritel modern sehingga mempunyai keadilan. Hal ini untuk mendorong sentra UMKM dan pedagang kecil, termasuk sektor pertanian untuk terus berkembang," kata Mendag Zulkifli Hasan, mengutip sebagaimana dalam rilisnya.

Mendag Zulkifli Hasan mengungkapkan, Kementerian Perdagangan mengembangkan pemasaran digital untuk UMKM melalui platform digital. Pemasaran digital akan memotong rantai distribusi sehingga memudahkan pertemuan antara penjual dan pembeli.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan juga menetapkan target penerapan digitalisasi tahun 2022 di 1.000 pasar rakyat dan 1.000.000 pelaku UMKM di seluruh Indonesia dalam meningkatkan transaksi perdagangan di Pasar Rakyat.

"Diharapkan UMKM kita dapat terus berkembang. Pemerintah pusat dan daerah harus memanfaatkan platform digital untuk membantu mempertemukan penjual dan pembeli. Pemerintah daerah dan pusat harus mulai menyambungkan, membina petani, dan UMKM menggunakan platform digital sehingga lebih dekat dengan pasar," jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Turut hadir dalam acara ini, Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, dan Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa. Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan ialah Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra, Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono, serta Kepala Badan Kebijakan Perdagangan Kasan.

Baca Juga: Soal Normalisasi Kali Ciliwung Mangkrak Era Anies Baswedan, Ternyata Alasannya Karena Ada yang Tidak Setuju

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua