Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jamin Ketersediaan LPG di Kota Surakarta, Pertamina Tambah 14.600 Tabung LPG 3 Kg

Jamin Ketersediaan LPG di Kota Surakarta, Pertamina Tambah 14.600 Tabung LPG 3 Kg Kredit Foto: Antara/Rahmad
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menjamin ketersediaan pasokan LPG 3 kg di Kota Surakarta selama periode 25 Juli-6 Agustus 2022, PT Pertamina (Persero) memberikan penambahan fakultatif atau extra-dropping LPG 3 kg hingga 14.600 tabung sebagai langkah dalam memenuhi tingginya permintaan masyarakat.

"Jumlah tersebut merupakan tambahan fakultatif di luar penyaluran reguler yang disalurkan sebanyak 5.100 tabung di periode 25-30 Juli 2022 dan periode 1-6 Agustus 2022 sebanyak 9.500 tabung," ujar Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (29/7/2022).

Brasto menyebut penambahan fakultatif tersebut dilakukan sehubungan dengan konsumsi LPG yang mengalami peningkatan sejak momen Iduladha tahun 2022.

Baca Juga: PLN Klaim Berhasil Konversi 1.000 Kompor LPG ke Kompor Induksi

“Di bulan ini ada peningkatan konsumsi sekitar 0,5 persen dari rata-rata konsumsi normal yang disebabkan dengan banyaknya kegiatan masyarakat seperti pesta pernikahan, acara pelepasan haji, dan kegiatan lainnya di berbagai daerah," ujarnya.

Brasto mengungkapkan bahwa proporsi konsumsi LPG subsidi dibandingkan LPG non-subsidi di Kota Surakarta adalah 82 persen dibandingkan 18 persen.

"LPG 3 kg merupakan LPG yang diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu dan usaha mikro. Bagi masyarakat mampu dan usaha di atas level mikro atau yang sudah masuk kelas kecil dan menengah, harap menggunakan LPG non-subsidi dan tidak menggunakan LPG subsidi agar subsidi LPG dapat tepat sasaran,” ungkapnya.

Brasto menambahkan bahwa pihaknya mengimbau agar masyarakat membeli LPG subsidi di pangkalan LPG maupun SPBU dengan harga yang sesuai harga eceran tertinggi (HET) setempat.

"Indikator ketercukupan LPG di pasaran dilihat dari ketersediaan di akses pembelian di jalur distribusi resmi kami, yaitu di pangkalan LPG. Untuk Kota Surakarta, kami memiliki 1.185 pangkalan LPG 3 kg di seluruh Kota Surakarta yang tersebar di seluruh kelurahan. Hadirnya SPBU yang menjual LPG juga merupakan salah satu langkah kami untuk memudahkan masyarakat mendapatkan LPG sehingga dengan tambahan fakultatif kami kepada agen dan pangkalan resmi tersebut kami pastikan kondisi pasokan LPG di Surakarta aman dan tersedia di jalur distribusi resmi kami," terang Brasto.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tamblang di Buleleng

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: