Menkop-UKM: Spirit Membangun Brand Lokal Harus Ditumbuhkan dan Diperkuat
Menteri Koperasi dan UKM (Menkop-UKM) Teten Masduki menegaskan spirit untuk membangun brand lokal harus terus ditumbuhkan dan diperkuat terlebih gaya hidup anak-anak muda saat ini yang cenderung lebih menyukai produk-produk custom unik ketimbang brand-brand dunia.
"Ini peluang besar bagi pelaku UMKM," kata Menkop-UKM Teten Masduki pada acara Festival Cengkok Karya Mandiri di Desa Cengkok, Balaraja, Tangerang, Banten, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/7/2022).
Di acara pameran UMKM yang memamerkan makanan tradisional, bazar buku, hingga seminar literasi tersebut, Menteri Teten juga mengajak masyarakat untuk terus menarasikan bahwa kualitas produk lokal yang sehat, bagus, dan bersaing dengan brand-brand besar kelas dunia.
Baca Juga: Konsisten Berdayakan UMKM, Kredit Mikro BRI Tumbuh 15% di Kuartal II 2022
"Ini sudah eranya menggunakan media sosial. Masyarakat yang membangun narasinya sendiri lewat Medsos terkait produk UMKM brand lokal," kata Menteri Teten.
Oleh karena itu, Menkop-UKM mendukung langkah Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar untuk membangun Dapur Bersama Produksi UMKM di Desa Cengkok.
"Dengan membangun Rumah Produksi Bersama atau Factory Sharing agar memudahkan mendapat izin edar dari BPOM. Sehingga, bisa lebih luas wilayah pasarnya," ucapnya.
Agar lebih produktif lagi, Menteri Teten mendorong para pelaku usaha mikro untuk berkoperasi. "Jadi, penyediaan alat produksi bersama itu bisa melalui koperasi," kata Menkop-UKM.
Dia pun mengakui, eksistensi brand-brand lokal memang harus ditata ulang. Jangan terlalu banyak brand. Sedikit tapi kuat. "Adanya factory sharing itu untuk memperkuat produktivitas dan kualitas produk dengan brand lokal yang tidak terlalu banyak," kata Menteri Teten. Ia mendorong setiap daerah memiliki produk unggulan masing-masing.
Kearifan Lokal
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Rosmayanti