Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertagas Gandeng Chandra Asri Kembangkan Pemanfaatan Gas untuk Petrokimia

Pertagas Gandeng Chandra Asri Kembangkan Pemanfaatan Gas untuk Petrokimia Kredit Foto: Pertamina Gas
Warta Ekonomi, Jakarta -

Afiliasi dari Subholding Gas Pertamina PT Pertamina Gas (Pertagas) menggandeng PT Chandra Asri Petrochemical Tbk dalam upaya pengembangan pemanfaatan gas untuk petrokimia.

Kerja sama tersebut diresmikan melalui penandatanganan memorandum of understanding (MoU) tentang potensi dan analisis pemanfaatan fasilitas dan produk gas bumi di Graha Pertamina, Jakarta, pada Senin (1/8/2022).

Melalui kerja sama tersebut, kedua belah pihak akan bersinergi untuk mengembangkan pemanfaatan produk gas bumi dan turunannya milik Pertagas untuk pemenuhan pabrik Chandra Asri di Cilegon, Banten, serta analisis pemanfaatan fasilitas Chandra Asri untuk pengembangan infrastruktur gas terminal Liquefied Natural Gas (LNG) atau jaringan distribusi pipa gas Pertagas.

Baca Juga: Pertamina Beri Promo Menarik di Pertashop Empowerment SME

Direktur Utama Pertagas Gamal Imam Santoso mengatakan kerja sama yang dibangun adalah untuk mendukung program pemerintah dalam pemerataan pemanfaatan gas sebagai energi bersih khususnya untuk pabrik petrokimia.

"Kerja sama ini memiliki potensi bisnis yang besar ke depannya untuk industri gas, tidak hanya dalam hal supply gas untuk pabrik petrokimia, namun juga untuk mendukung pemanfaatan energi yang lebih ramah lingkungan dan bersih serta sejalan dengan program pemerintah untuk menurunkan emisi karbon," ujar Gamal dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (1/8/2022).

Penandatanganan kerja sama Pertagas dan Chandra Asri merupakan bentuk komitmen perusahaan meningkatkan penggunakan energi hijau dan mendukung program pemerintah dalam pengurangan emisi karbon sebesar 29 persen di tahun 2030.

Gamal menyebut, Pertagas dan Chandra Asri akan bersinergi mengembangkan hasil pengolahan gas menjadi bahan baku untuk pipa jargas. Chandra Asri memiliki keunggulan dalam produksi bahan baku pipa PE 100 yang memiliki durabilitas tinggi dengan tingkat ketebalan (thickness) yang lebih tipis dibandingkan menggunakan material PE 80 yang umum biasa digunakan di jaringan gas rumah tangga (jargas). 

Melalui kerja sama ini, produk tersebut nantinya akan dimanfaatkan pada pengembangan jargas di Pertagas Group, salah satunya jargas Jogja–Solo–Semarang. Kerja sama ini tentunya akan menambah persentase tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dalam proyek jaringan gas kota di Pertagas Group.

Direktur Legal External Affair & Circular Ekonomi PT Chandra Asri Petrochemical Edi Rivai menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pertagas yang telah membuka ruang kemitraan bersama Chandra Asri.

"Pertagas memiliki portofolio yang baik dalam penyedia infrastruktur gas yang dibutuhkan Chandra Asri. Kami berkomitmen untuk menyediakan bahan baku jaringan pipa gas terbaik yang mememenuhi seluruh SNI bagi Pertagas sebagai salah satu tulang punggung sektor strategis di tanah air. Kerja sama ini akan mendukung langkah pertumbuhan industri petrokimia Indonesia dan memberikan potensi untuk mendorong optimalisasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebagai upaya mendukung program pemerintah," ujar Edi.

Baca Juga: Jokowi Minta Kendaraan Dinas Pakai Mobil Listrik, Rocky Gerung: Kemewahan yang Dibayangkan Presiden Gak Ada Gunanya..

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: