Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rp1,24 Triliun Digelontorkan untuk Pemilu 2024, Mahfud MD Minta KPU Jalankan Tugas Sebaik-baiknya

Rp1,24 Triliun Digelontorkan untuk Pemilu 2024, Mahfud MD Minta KPU Jalankan Tugas Sebaik-baiknya Kredit Foto: Kemenko Polhukam
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) berkomitmen untuk mengawal pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024 dengan sebaik-baiknya. Hal tersebut termasuk dalam anggaran yang, instrumen hukum, kelembagaan, dan penjadwalan yang telah dibahas bersama KPU, DPR, dan Bawaslu.

"Supaya tidak ada salah paham, misalnya ada berita hari hari ini, bahwa Pemilu agak tersendat karena pemerintah dananya lambat cair, itu tidak juga. Karena sudah dibicarakan dengan KPU dan semua stakeholders. Dana yang diperlukan disediakan sepenuhnya oleh pemerintah," papar Menteri Polhukam Mahfud MD dalam sambutannya pada Peluncuran Kanal Pemilu, Senin (1/8/2022).

Baca Juga: Target Menggelegar NasDem di Pemilu 2024: 2 Besar, 100 Kursi!

Mahfud memaparkan, dana penyelenggaraan pemilu yang disetujui sebesar Rp1,24 triliun, sebab multiyears pencairan akan bertahap mulai dari tahun 2022, 2023, sampai 2024. Kendati demikian, Mahfud mengatakan bahwa anggaran tahun ini belum cair.

"Itu gampang, KPU tinggal membuat DIPA-nya saja. Kalau DIPA-nya sudah jadi kan gampang. Kalo belum ada, DIPA belum bisa, karena itu melanggar keuangan negara. Oleh sebab itu pemerintah menjamin hal ini. Tahun berikutnya anggaran disediakan, berikutnya lagi disediakan," jelas Mahfud.

Mahfud menjelaskan, usulan KPU telah disetujui, termasuk kenaikan biaya panitia. Dengan anggaran yang digelontorkan, Mahfud berharap KPU bisa bekerja dengan kesungguhan hati.

Baca Juga: Bawaslu Minta Pengawas Pemilu Awasi Masa Pendaftaran Peserta Pemilu 2024

"Anda (KPU) harus sungguh sungguh bekerja, menyelenggarakan Pemilu ini dengan sebaik-baiknya, dengan penuh profesionalitas, karena apapun yang anda lakukan, itu pasti ada yang menggugat. Tidak ada Pemilu yang tidak ada gugatan. Sejak dulu terjadi seperti itu," ujar Mahfud.

Lebih lanjut, Mahfud juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menyambut Pemilu 2024 dengan sebaik-baiknya. Mahfud juga berharap Pemilu 2024 dapat menghasilkan anggota-anggota DPR, DPRD, DPD, Presiden dan Wakil Presiden yang baru untuk lebih memajukan Indonesia.

 

Kredit foto: Kemenko Polhukam 

Baca Juga: Memiliki Potensi Besar, UUS Maybank Indonesia Dukung Pengembangan Industri Halal

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: