Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hadiri Pembangunan Tol Serang-Panimbang, Menko Luhut: Lembaran Baru Perekonomian Banten

Hadiri Pembangunan Tol Serang-Panimbang, Menko Luhut: Lembaran Baru Perekonomian Banten Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengatakan bahwa Tol Serang-Panimbang Seksi 3 (Cileles-Panimbang) merupakan lembaran baru bagi Banten untuk pertumbuhan ekonomi sektor pariwisata pada Acara Ground Breaking Tol Serang-Panimbang Seksi 3 di Pandeglang, Provinsi Banten.

"Sekarang kalau kita melihat gambaran tol ini merupakan lembaran baru bagi Banten, khususnya pada sektor ekonomi bidang pariwisata. Saya harap seluruh jajaran Provinsi Banten harus bisa memanfaatkan hal ini dengan baik," jelas Menko Luhut dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/8/2022).

Baca Juga: Terus Dikebut, Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Ditargetkan Beroperasi 2023

Selain itu, Menko Luhut juga optimis daerah ini menjadi destinasi wisata mengingat jarak yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Seperti yang diketahui, pembangunan infrastruktur jalan Tol Serang-Panimbang sepanjang 83,67 km menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang terbagi menjadi 3 (tiga) seksi.

"Saya berharap, jadinya jalan tol ini membuat daerah ini menjadi destinasi turis karena jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta, yang tadinya perjalanan darat ditempuh dalam waktu 5 jam menjadi 3 jam saja," tutur Menko Luhut.

Lebih lanjut Menko Luhut juga memaparkan bahwa pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten lebih baik dari pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam kunjungan ini, Menko Luhut juga mengunjungi pembangunan pengamanan Pantai Marina, Tanjung Lesung.

"Seperti yang kita lihat, pembangunan ini sudah menunjukkan kemajuan pembangunan pada tanggul penahan ombak di Pantai Marina Tanjung. Saya juga mengingatkan jangan lupa untuk tetap memperhatikan mangrove bagi Tanjung Lesung karena lingkungan menjadi hal yang sangat penting bagi kita semua," tutup Menko Luhut.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa rencana pembangunan Tol Serang-Panimbang akan rampung sekitar kuartal pertama tahun 2024.

"Dari total tol, sepanjang 26,5 km Serang-Rangkasbitung sudah beroperasi, untuk seksi 2 (dua) Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,17 km sedang dalam tahap konstruksi dengan progress lebih dari 30%, dan seksi 3 (tiga) sepanjang 33 km menghubungkan Cileles-Panimbang," kata Menteri PUPR Basuki.

Proyek pengerjaan tol merupakan bentuk dari Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan pembagian pengerjaan sepanjang 50km oleh badan usaha dan sekitar 33 km dibangun oleh pemerintah.

Baca Juga: OJK Perluas Akses Keuangan Daerah Melalui TPAKD

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: