Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gak Habis-habis, Ukraina Mau Disuntik Lagi 1 Miliar Dolar Oleh Amerika

Gak Habis-habis, Ukraina Mau Disuntik Lagi 1 Miliar Dolar Oleh Amerika Kredit Foto: Reuters/Valentyn Ogirenko
Warta Ekonomi, Washington -

Pemerintahan Presiden Joe Biden pada Senin (8/8/2022) mengatakan bahwa pihaknya mengirimkan paket senjata terbesar namun langsung ke Ukraina. Washington akan mengirimkan 1 miliar dolar AS dalam bentuk roket, amunisi, dan bahan lainnya ke Ukraina dari persediaan Departemen Pertahanan.

Paket senjata AS yang baru akan semakin memperkuat Ukraina saat melakukan serangan balasan. Menurut para analis untuk pertama kalinya dapat memungkinkan Kyiv untuk membentuk jalannya sisa perang, sekarang di tanda setengah tahun.

Baca Juga: Dana 5,5 Miliar Dolar Disiapkan Amerika untuk Ukraina, Rinciannya Bukan Main!

Kyiv bertujuan untuk mendorong pasukan Rusia kembali keluar dari Kherson dan wilayah selatan lainnya di dekat Sungai Dnipro. Rusia dalam beberapa hari terakhir memindahkan pasukan dan peralatan ke arah kota-kota pelabuhan selatan untuk mencegah serangan balasan Ukraina.

“Pada setiap tahap konflik ini, kami telah fokus untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan Ukraina, tergantung pada kondisi yang berkembang di medan perang,” Colin Kahl, wakil menteri pertahanan untuk kebijakan, mengatakan pada Senin (8/8/2022). 

Bantuan baru AS termasuk roket tambahan untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi atau HIMARS, serta ribuan peluru artileri, sistem mortir, lembing dan amunisi serta peralatan lainnya.

Komandan militer dan pejabat AS lainnya mengatakan HIMARS dan sistem artileri sangat penting dalam perjuangan Ukraina untuk menghalangi Rusia mengambil lebih banyak wilayah.

Sementara AS telah menyediakan 16 HIMARS ke Ukraina, Kahl mengatakan paket baru tidak termasuk yang tambahan.

“Ini bukan sistem yang kami nilai Anda butuhkan dalam ratusan untuk memiliki jenis efek” yang dibutuhkan, kata Kahl.

“Ini adalah sistem yang dipandu dengan presisi untuk jenis target yang sangat khusus dan Ukraina menggunakannya seperti itu.”

Dia menolak untuk mengatakan berapa banyak sistem rudal berpemandu presisi untuk HIMARS yang dimasukkan dalam pengumuman Senin, tetapi mengatakan AS telah menyediakan "beberapa ratus" di antaranya dalam beberapa pekan terakhir.

Pengumuman terbaru membuat total bantuan keamanan AS yang diberikan kepada Ukraina oleh pemerintahan Biden menjadi lebih dari 9 miliar dolar AS.

Baca Juga: Ekonomi Makin Pulih, Penyaluran Kredit BTPN Naik Hingga 10%

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: