Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jawa Barat dan Sumatera Barat Jalin Kerja Sama Sektor Pariwisata dan UMKM

Jawa Barat dan Sumatera Barat Jalin Kerja Sama Sektor Pariwisata dan UMKM Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Jakarta -

Provinsi Jawa Barat menjalin kerja sama dengan Provinsi Sumatera Barat di sektor pariwisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil dan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah di Auditorium Istana Gubernur, Kota Padang, Sumatera Barat, kemarin.

Ridwan Kamil menyampaikan beberapa poin terkait pentingnya jalinan kerja sama ini demi menciptakan ekonomi kreatif dan koneksi antar wilayah yang semakin membaik. Ia menuturkan pula tantangan besar terkait tiga guncangan global yang perlu diantisipasi,  yang akan mengubah kebiasaan seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman. 

"Guncangan pertama terkait pandemi Covid-19, lahir batin hidup kita berubah. Suka tidak suka kita dipaksa. Maka dari itu, yang namanya guncangan adalah perubahan yang dipaksa. Ibarat kita sedang nyaman duduk dipaksa berdiri. Pandemi juga begitu," katanya. 

Guncangan kedua adalah berkembangnya era digital. Menurut Ridwan Kamil, 80 juta lapangan pekerjaan akan hilang digerus zaman karena perubahan tersebut.  Berikutnya guncangan ketiga, pemanasan global, yaitu adanya kondisi cuaca yang semakin panas, dataran tinggi seiring berjalannya waktu akan tenggelam ditelan air laut, juga banyaknya sampah plastik yang berserakan hampir di mana-mana. 

"Jawa Barat sudah kehilangan 800 hektare, sebagian tanah di utara sudah jadi laut karena kita nyaman hidup boros karbon. Boros karbon itu pakai mobil bahan bakarnya masih bensin, makanya saya sudah mulai menggunakan mobil listrik. Saat ini pun listrik masih dari batu bara, tapi suatu hari listrik dari tenaga matahari dan air," imbuhhnya. 

Menurutnya  ketiga guncangan tersebut jangan disepelekan karena pergerakannya perlahan namun akan menenggelamkan. “Saya berharap dengan kerja sama di sektor  pariwisata dan UMKM ini akan mendorong perkembangan ekonomi kreatif,”pungkasnya.

Baca Juga: Kenyataan Pahit di Era Jokowi RI Masuk 100 Negara Termiskin di Dunia

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: