Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sidak Pasar Wates Yogyakarta, Zulhas: Harga Bapok Stabil

Sidak Pasar Wates Yogyakarta, Zulhas: Harga Bapok Stabil Kredit Foto: Kemendag
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan kembali melakukan pemantauan langsung ke pasar Rakyat di seluruh pulau Indonesia. Kali ini Mendag memantau Pasar Wates, Yogyakarta, pada hari ini, Kamis (11/8/2022).

Dari hasil pemantauannya, ketersediaan dan harga barang kebutuhan pokok (Bapok) di Pasar Wates stabil, bahkan beberapa harga komoditas turun dibandingkan bulan lalu.

Baca Juga: Dorong Pemuda Jadi Penggerak Ekonomi, Mendag Zulkifli Beri Pesan Ini!

"Pagi ini saya lihat ibu-ibu belanja cabai. Harga cabai sudah jauh turun. Harga ayam, bawang merah, dan minyak goreng juga turun banyak. Sementara, beras harganya stabil. Harga-harga di sini yang paling rendah selama saya mengunjungi pasar-pasar ini. Jadi, harga bapok sebagian besar sudah stabil," kata Mendag Zulkifli Hasan mengutip sebagaimana dalam rilis Kemendag.

Di berbagai daerah, dukungan dari Pemerintah Daerah untuk kestabilan harga terus ditunjukkan. Dalam pemantauan bapok kali ini, Mendag Zulkifli Hasan didampingi Penjabat Bupati Kulon Progo, Tri Saktiyana, serta beberapa pejabat daerah seperti Plt Kepala Dinas Perdagangan Provinsi DIY, Yuna Pancawati, dan Kepala Dinas Perdagangan Kulon Progo, Sudarna.

Berdasarkan pantauan, harga sejumlah komoditas di Pasar Wates stabil. Harga beras medium Rp9.200/kg, beras premium Rp10.800/kg, tepung terigu Rp12.000/kg, daging sapi Rp135.000/kg, bawang putih Rp20.000/kg, telur ayam ras Rp26.000/kg.

Sementara, beberapa komoditas juga mengalami penurunan harga, yaitu minyak goreng curah Rp13.000/liter, daging ayam ras Rp28.000/kg, cabai rawit merah Rp50.000/kg, gula pasir Rp13.500/kg, dan bawang merah Rp30.000/kg.

"Nanti sore, saya akan melepas 1.200 ton dari 3.000 ton migor curah ke Indonesia bagian timur, yaitu Maluku dan Papua. Seluruh Indonesia harus mendapatkan migor curah seharga Rp14.000/liter," pungkas Mendag Zulkifli Hasan.

Baca Juga: Bank Mandiri Bidik Penyaluran Kredit Tumbuh Hingga 12% pada 2023

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: