Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Protes Gara-gara Indonesia Kutuk Serangan Israel di Gaza, Dubes Ukraina Dipanggil Kemenlu

Protes Gara-gara Indonesia Kutuk Serangan Israel di Gaza, Dubes Ukraina Dipanggil Kemenlu Kredit Foto: Reuters/Viacheslav Ratynskyi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin dipanggil Kementerian Luar Negeri Indonesia karena protes di media sosial. Penyebabnya, dubes membandingkan kecaman Indonesia atas serangan Israel terhadap Gaza.

"Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Ngurah Swajaya memanggil Dubes Ukraina di Jakarta pada 9 Agustus untuk menyampaikan ketidaksenangan pemerintah," ujar Juru Bicara Kemenlu RI Teuku Faizasyah kepada media, Kamis (11/8/2022). 

Baca Juga: Sebut Amerika Sebagai Biang Kerok, China: Dia Penghasut Utama dalam Krisis Ukraina

"Indonesia juga mengecam unggahan yang bersangkutan di media sosial yang mempertanyakan kebijakan politik luar negeri Pemerintah Indonesia," ujarnya menambahkan.

Faizasyah mengatakan, tidaklah bijak jika sang dubes mempertanyakan kebijakan politik luar negeri Indonesia saat bertugas di Jakarta. Kini Kemenlu mengamati dan membahas secara internal semua kegiatan perwakilan asing, termasuk Ukraina dan Rusia.

"Sebab dalam hubungan antarnegara berlaku asas timbal baik," ujarnya sambil menambahkan, belum ada keputusan persona non grata kepada sang dubes.

Sementara soal kehadiran presiden Rusia dan Ukraina di Konferensi Tingkat Tinggi G-20 di Bali, Faizasyah menyatakan, perkembangan saat ini masih dinamis.

Namun, Indonesia mengundang seluruh presiden G-20 dan sejumlah presiden lain, termasuk Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.  

Baca Juga: Mudahkan Nasabah, BRI Hadirkan Fitur Pembelian SBN di BRImo

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: