Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi Dorong Masyarakat Gunakan Lahan Tidak Produktif untuk Pangan

Jokowi Dorong Masyarakat Gunakan Lahan Tidak Produktif untuk Pangan Kredit Foto: Kementan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat memanfaatkan lahan perkarangan dan lahan tidak produktif untuk menanam komoditas pangan seperti cabai.

Jokowi mengungkapkan sekitar 300 juta penduduk dunia kini, berada pada situasi kekurangan pangan akut, bahkan bencana kelaparan sudah mulai terjadi di beberapa negara.

“Di beberapa negara sudah mulai. Dan diperkirakan kalau ini tidak ada solusi bisa masuk ke 800 juta orang akan kekurangan pangan dan kelaparan,”Kata Jokowi saat melakukan penanaman kelapa genjah bersama petani di Desa Giriroto Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, kemarin.

Jokowi mengatakan akan terus mendorong masyarakat memanfaatkan lahan-lahan di perkarangan rumah untuk ditanami komoditas pangan.

“Inilah kenapa kita ingin lahan-lahan yang tidak produktif itu diproduktifkan. Urusan cabe ini harusnya rumah tangga-rumah tangga di desa-desa itu bisa menanam itu di polybag atau di pekarangannya sehingga tidak ada yang namanya kita ini kekurangan cabe atau harga cabe naik drastis. Ini yang baru dikerjakan oleh Kementerian Pertanian,” Ucapnya.

Baca Juga: Antisipasi Bahaya Krisis Pangan, Jokowi Ajak Produksi Sumber PanganAlternatif

Jokowi juga berharap agar lahan-lahan tidak produktif bisa diproduktifkan dengan ditanami berbagai komoditas pangan, misalnya kelapa genjah. Kelapa genjah bisa diolah menjadi berbagai bahan pangan seperti gula semut hingga minuman segar.

Baca Juga: Melalui SKC, Prudential Syariah Dorong Percepatan Ekonomi Syariah di Indonesia

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: