Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pandemi Buat Strategi Pemasaran Berubah, Perusahaan-perusahaan Ini jadi yang Paling Inovatif

Pandemi Buat Strategi Pemasaran Berubah, Perusahaan-perusahaan Ini jadi yang Paling Inovatif Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pandemi Covid-19 yang diiringi dengan pembatasan mobilitas mengubah kebiasaan konsumen secara drastis. Perubahan ini membentuk ekspektasi baru dan standar pelayanan yang lebih tinggi. 

Para pelaku usaha tentu sangat menyadarinya dengan bekerja lebih cerdas untuk mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan baru. Berbagai inovasi pun dilakukan khususnya di bidang sales dan marketing. Selain agar kinerja penjualan tetap terjaga dengan baik, juga memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan sehingga tercapai loyalitas. 

Wakil Rektor I Universitas Prasetiya Mulya, Prof. Agus W. Soehadi PhD, mengungkapkan, perkembangan teknologi digital saat ini membuat konsumen semakin terkoneksi (hyper connected consumer). Konsumen dapat dengan mudah terhubung dan mengakses media sosial untuk menyebarluaskan pendapat dan pengalaman mereka. Mereka bisa menyuarakan pujian atau bahkan keluhan dari produk dan layanan yang mereka terima. 

"Maka perusahaan perlu berkolaborasi dengan perusahaan lain agar mampu memberikan pengalaman berharga yang konsumen inginkan, pengalaman yang tidak terlupakan oleh konsumen. Di sektor makanan misalnya, mereka bisa berkolaborasi dengan mitra riders, restoran, hingga mitra pembayaran," jelas Agus, dalam virtual awarding Indonesia Sales & Customer Experience Champions Conference 2022 dengan tema "Winning Customer Hearts in The Fast Changing Era", beberapa waktu lalu. 

Baca Juga: Maksimalkan Dunia Digital, Gunakan Media Sosial Jadi Personal Branding

Sebagai wujud apresiasi terhadap perusahaan yang berhasil memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya, penghargaan Indonesia Customer Experience Champions 2022, pun digelar. 

Group Chief Editor SWA Media, Kemal E. Gani, menyampaikan, dua ajang ini telah mampu menunjukkan diferensiasi masing-masing peserta, terutama kemampuan mereka dalam memecahkan masalah dan menghadapi tantangan sales dan marketing di era Covid-19. 

Kemal pun berharap ajang ini akan menjadi pembelajaran bagi para pebisnis dan mereka yang menekuni bidang pemasaran dan penjualan.

"Kami berharap akan semakin banyak perusahaan di negeri ini yang berhasil menjalankan program customer experience sehingga hasilnya akan semakin banyak pelanggan yang puas, loyal, bahkan merekomendasikan produknya kepada keluarga, teman, dan jaringan lainnya," ujarnya. 

Ia juga berharap Indonesia Sales Team Champions 2022 akan menjadi contoh dan penyemangat bagi tim sales perusahaan lain di Indonesia untuk bisa lebih kreatif, inovatif, dan kompak dalam merancang program dan strategi penjualan. "Yang paling penting eksekusinya gemilang sehingga hasilnya berdampak pada peningkatan penjualan yang signifikan," lanjutnya.  

Baca Juga: Jokowi Minta Kendaraan Dinas Pakai Mobil Listrik, Rocky Gerung: Kemewahan yang Dibayangkan Presiden Gak Ada Gunanya..

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: