Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Curhat Serangan Siber Oleh Rusia Naik, Pejabat Siber Ukraina Gabung Pertemuan Hacker di Las Vegas

Curhat Serangan Siber Oleh Rusia Naik, Pejabat Siber Ukraina Gabung Pertemuan Hacker di Las Vegas Kredit Foto: Reuters/Kacper Pempel
Warta Ekonomi, Kiev, Ukraina -

Pertemuan para hacker (peretas) di Las Vegas, yang penuh dengan pakar keamanan siber, kedatangan pejabat badan siber Ukraina. Deputi Kepala Badan Komunikasi Khusus Ukraina Victor Zhora menyampaikan pidato yang tidak diumumkan sebelumnya.

Dalam pertemuan Black Hat, Rabu (10/8/2022) lalu ia mengatakan insiden serangan siber ke Ukraina naik tiga kali lipat di bulan-bulan invasi Rusia ke negaranya pada akhir Februari lalu.  

Baca Juga: Duh! Terorisme Nuklir Telah Dilakukan Oleh Ukraina, Ini Kata Rusia

"Mungkin tantangan terbesar bagi dunia sejak Perang Dunia II, dan berlanjut sepenuhnya baru di ruang siber," kata Zhora dalam pertemuan tahunan tersebut.

Zhora mengatakan sejak akhir Maret sampai awal April Ukraina menghadapi sejumlah "insiden besar" di ruang siber.

Termasuk malware "Industroyer2" yang dapat memanipulasi peralatan di utilitas listrik untuk mengatur aliran listrik.

Di awal perang peretas Rusia juga menyerang ruang siber Ukraina. Dengan memetikan satelit layanan internet regional. Zhora mengatakan sejak awal tahun Ukraina sudah mendeteksi 1.600 "insiden siber besar."

Dalam wawancara Zhora mengatakan Microsoft, Amazon dan Google telah menawarkan layanan komputasi awan pro bono atau gratis pada pemerintah Ukraina agar Ukraina dapat memindahkan datanya keluar negeri jauh dari bom dan rudal Rusia.

Ia mengatakan arsip data Ukraina di tahan di pusat-pusat data di "sejumlah negara (Eropa)." Zhora tidak menjelaskan lebih lanjut maksudnya.

Zhora melakukan kunjungan dua hari di Las Vegas. Ia singgah di Polandia sebelum terbang ke Amerika Serikat. Zhora mengatakan ia tidak akan menyia-nyiakan waktunya di Las Vegas.

"Tidak pantas bagi saya untuk berjudi di sini sementara tentara Ukraina membela tanah air kami," katanya.

Baca Juga: Rocky Gerung Blak-blakan Terkait Cawapres Pilihan Anies Baswedan: Nggak Mungkin dari Nasdem

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: