Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkominfo Johnny Dorong UMKM Strategis dalam Pengembangan Wisata Indonesia

Menkominfo Johnny Dorong UMKM Strategis dalam Pengembangan Wisata Indonesia Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal mengambil peran strategis dalam pembangunan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Menurutnya, upaya tersebut menjadi salah satu perhatian serius Presiden Joko Widodo, termasuk dengan adanya penyediaan infrastruktur digital.

"Pembangunan pariwisata Labuan Bajo yang secara besar-besaran dan kencang dilakukan oleh pemerintah pusat, oleh Bapak Presiden menjadi lengkap kesuksesannya apabila masyarakat lokal juga mengambil bagian secara aktif di dalamnya. Bibit-bibit dan benih-benih itu ada, ini yang harus kita tumbuh kembangkan dan kita koordinasikan," ujarnya usai menghadiri Festival Golo Koe di Waterfront Labuan Bajo, Mangarai Barat dikutip pada Senin (15/8/2022) malam.

Baca Juga: Terus Buka Potensi UMKM Indonesia, Majoo Terus Maju dan Raih Pendanaan Segar!

Menteri Johnny mengapresiasi kolaborasi Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dengan tokoh agama serta masyarakat menghadirkan kegiatan tahunan Festival Golo Koe. Menurutnya, kegiatan produktif seperti itu penting dalam mengembangkan DPSP Labuan Bajo.

"Saya kira ekshibisi seperti ini bagus sekali, apalagi Bapak Presiden sendiri sudah mengingatkan pembangunan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo harus juga menyentuh dan bersama-sama dengan masyarakat lokal. Karena ini adalah manifestasi atau ungkapan dari kesiapan dan kesediaan masyarakat lokal untuk mengambil bagian di dalam pariwisata," tegasnya.

Menkominfo mendorong perbaikan persiapan festival jika akan dijadikan sebagai event tahunan oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dan Keuskupan Gereja di Manggarai Barat.

"Dari pameran hasil karya dan produksinya dari waktu ke waktu harus ditingkatkan baik kualitas produksinya, kemasannya, informasi menyangkut produknya maupun branding dan kemasan.Bagaimana supaya peningkatkan kualitas produksi mereka sehingga bisa menjadi subtitusi produk-produk yang dibutuhkan oleh pariwisata di sini," ungkapnya.

Baca Juga: Pengamat Yakin Polri Gak Bakal Bongkar Motif Ferdy Sambo, Kasus Brigadir J Tersandera Kepentingan?!

Menteri Johnny menyatakan dengan ketersediaan infrastruktur digital memungkinkan pelaku UMKM memanfaatkan platform digital di marketplace.

Baca Juga: Imbal Hasil Bagus, Asuransi Jiwa Banyak Berinvestasi di Saham dan SBN

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: