Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Meski Bisa Usung Sendiri Capres-Cawapres di Pilpres 2024, PDIP Disebut Akan Tetap Menjalin Koalisi

Meski Bisa Usung Sendiri Capres-Cawapres di Pilpres 2024, PDIP Disebut Akan Tetap Menjalin Koalisi Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Manuver atau gerakan partai politik menjelang pemilu 2024 kian gencar dilakukan.

Mengenai perkembangan yang ada, Peneliti senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Ardian Sopa menilai, PDIP meski kuat dan bisa mencalonkan presiden dan wakil presiden sendiri, disebut tidak akan maju sendirian dalam Pilpres 2024 mendatang. PDIP disebut pasti akan mencari tambahan parpol untuk berkoalisi.

Hal itu disampaikan Ardian dalam paparan analisisnya bertajuk 'Pertarungan Tiga Poros Utama Pilpres di Segmen Pemilih Puas, Moderat dan Tidak Puas' secara daring, Senin (15/8/2022).

"Poros PDIP besar kemungkinan tak maju sendirian tapi menggandeng partai lain," kata Ardian.

Ardian menambahkan, dalam menggandeng partai lain, PDIP dianggap sulit menjalin kerja sama dengan sejumlah partai. Misalnya dengan PKS, Demokrat, dan NasDem.

Baca Juga: Ngeri Juga Omongan Pengamat: Puan Maharani Tidak Fokus Perbaiki Kinerja DPR yang Terseok-seok!

"Dengan PKS tidak bisa karena alasan ideologi, dengan Demokrat karena alasan ketidak harmonisan sejak lama Megawati dengan SBY, dan dengan NasDem alasannya Megawati dan Surya Paloh kurang seirama," tuturnya.

Adapun dalam survei terbaru LSI Denny JA, disebutkan poros PDIP akan cenderung dipilih oleh responden yang menyatakan puas dengan kinerja pemerintahan Presiden Jokowi.

Baca Juga: Usai Sebut Aremania Bergaya Preman, Eh Ade Armando Kena Semprot Lagi: Manusia yang Selalu Buat Ulah!

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Bayu Muhardianto

Advertisement

Bagikan Artikel: