Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gara-gara Masalah di Taiwan, Joe Biden dan Xi Jinping Mau Berbaikan di Bali?

Gara-gara Masalah di Taiwan, Joe Biden dan Xi Jinping Mau Berbaikan di Bali? Kredit Foto: Reuters/Jonathan Ernst
Warta Ekonomi, Washington -

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping diagendakan melakukan pertemuan tatap muka. Pertemuan ini diharapkan menurunkan ketegangan di Taiwan.

Xi dan Biden kemungkinan akan menghadiri dua agenda Internasional yang sama. Yakni, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November nanti dan KTT APEC di Bangkok, Thailand, pada bulan yang sama.

Baca Juga: Mata Xi Jinping Menuju Arab Saudi, Terbukti China Ingin Jalankan Tujuan...

Dilansir Surat kabar AS, Wall Street Journal (WSJ), para pejabat China sedang merencanakan perjalanan Xi ke Asia Tenggara. Jika terwujud, ini menjadi kunjungan luar negeri pertama Xi sejak pandemi Covid-19.

Xi kemungkinan besar akan berkunjung ke Indonesia pada November. Selain mengikuti G20 di Nusa Dua, Bali, dia bersama Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Gedung Putih juga tengah merencanakan pertemuan langsung Biden dengan Xi. Kedua pemimpin sebenarnya sudah beberapa kali berkomunikasi langsung, meski secara virtual. Pertemuan langsung keduanya diharapkan bisa menurunkan ketegangan soal Taiwan serta isu perdagangan.

Seorang sumber pejabat Gedung Putih mengatakan, Biden terbuka untuk bertatap muka dengan Xi, termasuk di sela pertemuan G20. Namun belum ada kepastian hingga saat ini.

“Kami tidak punya rincian tentang waktu atau lokasi,” akunya dikutip WSJ.

Baca Juga: Akusisi Axle Asia, Bolttech Siap Perkuat Bisnis Asuransi di Indonesia

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: