Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Joe Biden Titip Pesan ke Jokowi: Selamat Merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus

Joe Biden Titip Pesan ke Jokowi: Selamat Merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus Kredit Foto: AFP
Warta Ekonomi, Washington -

Atas nama Amerika Serikat, Presiden Joe Biden mengirim ucapan selamat memperingati hari kemerdekaan ke-77 Indonesia kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rakyat Indonesia.

"Bapak Presiden (Jokowi) yang terhormat, atas nama Amerika Serikat dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Bapak dan rakyat Indonesia yang merayakan hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus," demikian isi pesan Presiden Biden kepada Presiden Jokowi, menurut keterangan Kedubes AS yang diterima di Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Baca Juga: Presiden AS Joe Biden Beri Perhatian Khusus untuk Keluarga Joshua

Biden mengatakan dalam pesan tertulisnya, Amerika Serikat dan Indonesia, sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, merayakan tonggak peringatan kemerdekaan di tengah sejarah panjang bersama yang dibangun di atas visi yang mirip di antara kedua negara, yaitu "Bhinneka Tunggal Ika" dan "E Pluribus Unum".

"E Pluribus Unum" merupakan semboyan Amerika Serikat yang diambil dari bahasa Latin dan berarti "Dari banyak menjadi satu".

Menurut Biden, moto dari kedua negara demokrasi ini menggarisbawahi pentingnya inklusivitas dalam membangun jembatan antara masyarakat yang beragam.

Dalam momen hari kemerdekaan Indonesia ini, Joe Biden menantikan kerja sama yang akan dilakukan kedua negara.

"Pada Hari Kemerdekaan Indonesia ini, saya menantikan kerja sama yang akan dilakukan kedua negara kita untuk memajukan komitmen bersama terkait demokrasi dan bekerja untuk membangun kawasan Indo-Pasifik yang damai, sejahtera, dan tangguh," kata Presiden Biden dalam pesannya.

"Amerika Serikat merayakan hari yang membahagiakan ini bersama Bapak (Jokowi) sebagai sahabat dan mitra strategis (Indonesia)," ujarnya. 

Baca Juga: KB Bukopin Gandeng PPA Untuk Kelola Aset Berkualitas Rendah Senilai Rp 1,3 Triliun

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: