Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemerintah Siapkan Pelatihan Bisnis UMKM Penyandang Disabilitas

Pemerintah Siapkan Pelatihan Bisnis UMKM Penyandang Disabilitas Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong para penyandang disabilitas yang juga merupakan pelaku UMKM agar berperan dan terlibat secara aktif dalam mendukung ekonomi digital di tanah air.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Usman Kansong menjelaskan pihaknya telah menyediakan sejumlah pelatihan bagi para pebisnis UMKM penyandang disabilitas. Dengan demikian mereka dapat menguasai ekonomi digital di Indonesia.

Adapun program-program tersebut dibuat sesuai dengan kebutuhan kalangan difabel. “Konsep besar Kominfo dalam transformasi digital adalah nobody left behind. Artinya semua masyarakat Indonesia diajak bertransformasi digital. Pilar transformasi digital adalah pemerintah, dunia usaha dan masyarakat umum, termasuk di dalamnya penyandang disabilitas," Ujarnya di Jakarta, kemarin.

Usman mengatakan Ditjen Aptika Kemkominfo telah menyediakan program 1.000 startup digital dan literasi digital.

Dalam program tersebut, Kominfo akan menjadi fasilitator, menyiapkan sistem, tools dan mekanisme yang dapat membantu pengembangan bisnis startup. Ada juga program khusus, seperti coaching untuk menyesuaikan bisnis dengan pasar.

Untuk mensukseskan program 1.000 Startup Digital bagi kalangan difabel ini, Ditjen Aptika Kominfo akan melibatkan sejumlah pihak yang menaruh perhatian besar terhadap para penyandang disabilitas.

Salah satunya Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) yang selama ini menjadi inkubator bisnis bagi kaum difabel. Lewat kerja sama ini Ditjen Aptika memberikan pengetahuan baru tentang dunia digital dan menyediakan sejumlah posisi bagi para penyandang disabilitas untuk dapat ikut serta berpartisipasi dan berkolaborasi.

Baca Juga: KB Bukopin Gandeng PPA Untuk Kelola Aset Berkualitas Rendah Senilai Rp 1,3 Triliun

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: