Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

MIND ID Dukung TK Inspirasi Indonesia di Bekasi Sebagai Tempat Belajar untuk Anak Pemulung

MIND ID Dukung TK Inspirasi Indonesia di Bekasi Sebagai Tempat Belajar untuk Anak Pemulung Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Mining Industry Indonesia atau MIND ID mendukung penuh pelaksanaan aktivitas TK Inspirasi Indonesia yang berlokasi di Bintara Jaya, Lapangan Dua, Bekasi, Jawa Barat. TK tersebut sebagai wadah belajar untuk anak-anak pemulung di sekitar Bekasi. Kepala Divisi Institutional Relations MIND ID, Niko Chandra mengatakan, mayoritas anak-anak pemulung ditinggal dari pagi hingga malam oleh orangtua mereka. Sehingga, aktivitas anak-anak tersebut tidak terkontrol.

Kondisi inilah yang melatarbelakangi MIND ID dengan BRI, Parna Raya Logistik, Jalin Pembayaran Nusantara, PD. Roti Luxor dan entitas lainnya, bersatu padu untuk mendukung pelaksanaan kegiatan community development di TK Inspirasi Indonesia.

“Kami mengusung tema Build a Better Life for Resilient Society. Kegiatan ini diselenggarakan melalui kolaborasi pentahelix dengan Universitas, yaitu dengan Mahasiswa Program Magister Manajemen Eksekutif (MME) Angkatan 72 dari PPM School of Management,” kata Niko.

Baca Juga: Dukung Langkah Pemerintah, MIND ID Dorong Percepatan Pemberantasan Pertambangan Ilegal

Sebagai bagian dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dan Hari Anak Nasional 2022, kegiatan community based yang dilaksanakan di TK Inspirasi Indonesia pada Sabtu (20/8) ini meliputi, Penyuluhan dan Pemeriksaan Gigi, Program Edukasi dan Literasi, Bantuan Perpustakaan Mini, Kegiatan Peduli Kasih berupa Bantuan Paket Sembako dan Makanan Sehat, serta tidak kalah pentingnya adalah Program Bina Usaha Aneka Snack dan Kue yang akan menjadi usaha mikro berkelanjutan bagi Ibu-Ibu yang tinggal di sekitar TK Inspirasi Indonesia.

Ia menambahkan, TK Inspirasi Indonesia diinisiasi oleh Firda Febrianti, S.Psi seorang praktisi pendidikan, yang tergerak melihat anak-anak pemulung yang ada di wilayah tersebut. Awalnya, setiap hari anak-anak pemulung tersebut hanya bermain di sekitar lokasi tumpukan barang-barang bekas.

“Mereka bermain sepanjang hari, di siang terik, tanpa dirawat orangtua. Karena rata-rata orang tua mereka memulung dari fajar terbit sampai menjelang malam, atau menjadi buruh cuci. Sehingga mereka terlupakan begitu saja,” katanya.

Baca Juga: Nilai Kesetaraan Asean Paragames 2022 Dianggap Sejalan dengan Sustainable Pathway MIND ID

Firda sebagai Kepala TK dibantu oleh Ibu Lia sebagai guru pengajar, selalu siap menjalankan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) setiap hari Senin-Jumat di TK Inspirasi Indonesia. Nyatanya, memberi pendidikan untuk anak-anak di kawasan pemulung ini tidak sesederhana yang dibayangkan. Ada 1001 kisah yang menyayat hati, menguras air mata dan membuat hati harus selalu lapang dan doa-doa panjang harus selalu dilantunkan.

Melalui kegiatan TK Inspirasi Indonesia ini, mereka jadi punya kegiatan lain seperti, belajar mewarnai, menyanyi, menulis, menghitung, hingga menghafal surah pendek Al Quran.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan dan berbagi kebahagiaan yang telah diberikan oleh para donatur. Ini memberikan kami, semangat dan dukungan spiritual bagi anak-anak kami untuk bisa terus maju,” jelas Firda.

Kepedulian sesama adalah tanggung jawab bersama. Untuk itu, kolaborasi pentahelix menjadi sangat penting untuk telaksananya kegiatan CSR yang efektif dan optimal bagi masyarakat maupun warga yang perlu mendapatkan uluran tangan, serta ikut bersama merasakan kegembiraan dalam kehidupan sehari-harinya.

Baca Juga: Tragis! Peraih Nobel Terlibat Pelecehan Seksual pada Anak Laki-laki, Vatikan Beri Sanksi: Dulu Warga Timor Leste Puja Puji, Eh Ternyata...

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Advertisement

Bagikan Artikel: