Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kolaborasi dengan Pemko Medan dan BMPD, BI Sumut Gelar Car Free Day Pekan QRIS Nasional 2022

Kolaborasi dengan Pemko Medan dan BMPD, BI Sumut Gelar Car Free Day Pekan QRIS Nasional 2022 Kredit Foto: Khairunnisak Lubis
Warta Ekonomi, Medan -

Dalam rangka pelaksanaan puncak Pekan QRIS Nasional (PQN) 2022, KPwBI Provinsi Sumatera Utara berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Medan dan Badan Masyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sumatera Utara menyelenggarakan Car Free Day (CFD) Pekan QRIS Nasional (PQN) 2022.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Doddy Zulverdi; Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumatera Bagian Utara, Untung Santoso; Kepala Dinas Pemuda & Olahraga Kota Medan, Pulungan Harahap; serta beberapa pimpinan perbankan di Kota Medan.

Baca Juga: Lomba Konten Video Kreatif Bank Indonesia Manfaatkan QRIS untuk Voting

"CFD kali ini menyuguhkan berbagai keistimewaan bagi warga Kota Medan. Dalam rangka memperkenalkan pembayaran nontunai dan mendorong ekosistem digital di Kota Medan, masyarakat yang hadir pada CFD PQN Kota Medan diajak untuk mencoba bertransaksi secara nontunai dengan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS)," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Doddy Zulverdi, Minggu (21/8/2022).

Dikatakannya, hanya dengan scan QRIS Rp1, baik menggunakan mobile banking maupun dompet digital yang dimilikinya, pengunjung CFD berhak mendapatkan kupon doorprize ratusan hadiah menarik, serta menikmati beraneka sarapan kuliner khas Medan hanya dengan scan QRIS Rp77.

"Kami juga memfasilitasi layanan penukaran uang baru Tahun Emisi 2022 kepada masyarakat, Edukasi Keuangan Digital dan Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah, berbagai games, Layanan SLIK OJK, serta layanan penyedia jasa pembayaran (PJP) yang diikuti oleh beberapa PJP Bank dan Non-Bank antara lain BRI, Bank Mandiri, BNI, BTN, BCA, Bank Sumut, BSI, Ovo, Gopay, dan LinkAja," ujarnya.

Adapun rangkaian kegiatan Pekan QRIS Nasional (PQN) 2022 Sumatera Utara telah dilaksanakan sejak tanggal 15 hingga 21 Agustus 2022 yang menjadi puncak dari PQN 2022. Rangkaian kegiatan di antaranya adalah Jalan Sehat Bersama 5.000 ASN Pemerintah Kota Sedang Bedagai; Kuliah Umum Kebanksentralan di Universitas Pembanguan Panca Budi Medan; Edukasi QRIS dan CBP Kepada komunitas UMKM Mekaar bekerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Medan; Bazar UMKM HUT RI bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara; serta puncak PQN yang dilaksanakan pada kegiatan CFD Kota Medan pada hari Minggu tersebut.

"Rangkaian kegiatan PQN 2022 diharapkan dapat mendorong minat masyarakat untuk bertransaksi nontunai terutama dengan menggunakan QRIS, serta meningkatkan awareness masyarakat mengenai perkembangan keuangan digital," ujarnya.

Hal ini juga sejalan dengan upaya pencapaian target 15 Juta Pengguna Baru QRIS secara Nasional, serta target 980 ribu Pengguna Baru di Provinsi Sumatera Utara yang hingga bulan Juni 2022 telah tercatat sebanyak 435.804 pengguna baru atau 44.47% dari target yang telah ditetapkan.

"Dengan eksositem digital yang dibentuk, diharapkan membuat masyarakat dapat makin memahami dan mampu beradaptasi terhadap perkembangan pembayaran digital, serta mendorong percepatan pemulihan ekonomi di Provinsi Sumatera Utara melalui sistem pembayaran yang CEMUMUAH (Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Handal)," pungkasnya.

Baca Juga: Meski Premi Turun, Imbal Hasil Investasi Asuransi Jiwa Terus Melaju Positif

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: