Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sudah Masuk Indonesia, Vaksinasi Cacar Monyet Kapan Siap?

Sudah Masuk Indonesia, Vaksinasi Cacar Monyet Kapan Siap? Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Jakarta -

Anggota Komisi IX DPR, Rahmad Handoyo, mendorong pemerintah menyiapkan vaksin cacar monyet sebagai langkah antisipasi penyebaran penyakit. Hal tersebut menyusul muncukan kasus pertama cacar monyet yang sudah ditemukan di Jakarta.

“Saya kira, nantinya wilayah yang beresiko tinggi dan wilayah-wilayah yang positif tinggi perlu vaksinasi agar cacar monyet ini tidak semakin luas,” ujar Rahmad di Jakarta, kemarin.

Dia mengungkapkan, saat ini beberapa negara yang sudah menyiapkan vaksin cacar monyet terutama yang sudah terkonfirmasi penularan, misalnya Amerika dan Spanyol.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Iwan Syahril, mengatakan, WHO belum memberikan rekomendasi untuk vaksinasi massal dalam menghadapai cacar monyet atau monkeypox. Meski begitu, proses pengadaan vaksin sedang dilakukan

“Ada dua atau tiga negara yang sudah melakukan vaksinasi dan Indonesia juga sedang memproses untuk pengadaannya dan harus melalui rekomendasi dari Badan POM,” katanya.

Baca Juga: Konsisten Jalanjan Protokol Kesehatan Bisa Cegah Penularan Cacar Monyet

Dia menambahkan, terkait pemeriksaan PCR untuk monkeypox saat ini baru bisa dilakukan di dua tempat, yakni di laboratorium rujukan nasional BKPK Kemenkes, dan laboratorium Institut Pertanian Bogor.

Pihaknya sedang dalam proses penambahan 10 laboratorium yang ditingkatkan untuk melakukan pemeriksaan PCR tersebut.

Baca Juga: OJK dan LPS Atur Kriteria Peserta Asuransi yang bisa Masuk Penjaminan Polis

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel: