Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menhub Terus Ingatkan Maskapai untuk Tingkatkan Keselamatan Penerbangan

Menhub Terus Ingatkan Maskapai untuk Tingkatkan Keselamatan Penerbangan Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan Indonesia sebagai negara anggota Organisasi Penerbangan Sipil Internasional/ICAO menegaskan bahwa dampak pandemi Covid-10 pada industri penerbangan tidak boleh mengganggu komitmen peningkatan keselamatan penerbangan. 

"Kami selalu siap mematuhi standar dan praktik yang direkomendasikan oleh ICAO dan peraturan internasional lainnya untuk menjaga keselamatan penerbangan," kata Menhub saat menghadiri kegiatan Simposium Keselamatan Regional Asia Tenggara yang diselenggarakan oleh Boeing, di Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Baca Juga: Stabilkan Harga Tiket Pesawat, Menhub Dukung Inovasi Maskapai!

Menhub Budi menjelaskan, pemerintah melalui Kemenhub bersama dengan seluruh pemangku kepentingan di sektor penerbangan senantiasa mengampanyekan pentingnya aspek keselamatan penerbangan, baik kepada para pelaku di sektor penerbangan maupun masyarakat.

Sejumlah instrumen kebijakan pun telah dikeluarkan, di antaranya dengan membentuk satgas program keselamatan, menetapkan Rencana Keselamatan Penerbangan Nasional, serta secara berkala mengadakan dialog dan konsultasi dengan para pemangku kepentingan yakni KNKT dan Airnav tentang sistem pelaporan keselamatan, integrasi sistem, dan mempromosikan keselamatan melalui publikasi buletin.

Lebih lanjut Menhub mendorong seluruh negara anggota ICAO untuk terus menjaga kualitas manajemen keselamatan penerbangan. "Operator penerbangan mengambil peran yang penting untuk menjaga kelanjutan perkembangan industri penerbangan dan mengidentifikasi adanya perubahan yang membutuhkan adanya suatu kebijakan yang harus diambil segera," ucap Menhub.

Baca Juga: Mahalnya Tiket Pesawat, Kemenhub Himbau Maskapai Penerbangan Turunkan Harga!

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak tahun 2020 berdampak luar biasa dan mengancam keberlangsungan industri penerbangan dunia. Pada tahun 2021, lalu lintas penerbangan di wilayah Asia Pasifik turun 95,4% dibandingkan masa pra-pandemi.

Simposium yang digelar ini menjadi wadah bagi para pemimpin dan pemangku kepentingan di sektor penerbangan untuk bertukar perspektif, mendiskusikan tantangan dan peluang untuk meningkatkan keselamatan penerbangan regional maupun global.

Baca Juga: Dinilai Pilih Kasih, Acara Relawan Jokowi di Stadion GBK Dikecam, Yan Harahap: Ugal-ugalan

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: