Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Propan Raya Siap Mendukung Penyiapan Tenaga Kerja Konstruksi IKN Nusantara

Propan Raya Siap Mendukung Penyiapan Tenaga Kerja Konstruksi IKN Nusantara Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sedang dalam tahap pembangunan. Berbagai macam persiapan tengah dilakukan guna terciptanya infrastuktur yang baik. Salah satunya adalah Persiapan Tenaga Kerja Konstruksi yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR di Bendungan Sepaku, Semoi, Kalimantan Timur, Sabtu (27/08/2022).

Pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) untuk Penyiapan Pembangunan Infrastruktur IKN, telah dibuka secara resmi oleh Sekjen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mohammad Zainal Fatah dalam hal ini mewakili Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono.

Dalam kesempatan yang sama juga hadir Wakil Kepala Badan Otorita IKN, Dhony Rahajoe; Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Riza Indra Riadi; Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Yudha Mediawan; jajaran pemerintahan pusat serta jajaran pemerintahan daerah setempat.

Baca Juga: Konektivitas Menuju IKN Nusantara, Kementerian PUPR Bangun Jalan Lingkar Sepaku

Acara ini dibuka oleh Ketua Penyelenggara yang juga menjabat sebagai Direktur Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi PUPR, Dedy Natrifahrizal, yang menyampaikan laporannya terkait pelatihan dan sertifikasi yang akan dilaksanakan. Beliau menyampaikan akan ada 5 tahapan pelatihan dan sertifikasi yang akan dilaksanakan pada Agustus – Desember 2022 mendatang.

Adapun, rangkaian kegiatan pelatihan dan sertifikasi tahap pertama ini akan dilaksanakan mulai hari ini, 27 Agustus sampai dengan 9 September 2022 yang melibatkan sebanyak 1.535 orang peserta, dengan rincian calon tenaga kerja konstruksi sebagai berikut.

Sebanyak 500 orang peserta dihadirkan langsung pada acara seremonial ini yang berasal dari Kecamatan Sepaku 121 orang, Kecamatan Penajam 106 orang, Kecamatan Waru 53 orang, Kecamatan Babulu 220 orang. 317 peserta dihadirkan secara virtual, berasal dari Untag Samarinda, Politeknik Negeri Samarinda dan Universitas Mulawarman,” paparnya. Selain itu, 718 orang dihadirkan dari luar Provinsi Kaltim.

Kegiatan tersebut disiapkan hingga nantinya pekerja yang sudah ahli diserap Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK). "Dengan pekerjaan yang masif membutuhkan tenaga kerja besar. Tenaga kerja di IKN ini orang yang terpilih dengan tersertifikasi," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah.

Mohammad Zainal Fatah menyebut dengan pekerja yang terlibat banyak akan mempercepat penyelesaian pembangunan IKN. Khususnya, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). "Pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur dapat membangun episentrum ekonomi baru. Jadi, Indonesia bukan hanya Jakarta saja, bukan Jawa saja," imbuhnya.  

Kegiatan ini terlaksana berkat sinergi antara Kementerian PUPR dengan Mitra Strategis Jasa Konstruksi dalam rangka peningkatan Sumber Daya Jasa Konstruksi serta mendukung pelaksanaan pelatihan sertifikasi kompetensi kerja konstruksi tahap kesatu untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara. 

Propan Raya terpilih menjadi salah satu Mitra Strategis Jasa Konstruksi PUPR dalam Pembangunan Konstruksi IKN. Hal ini juga yang membuat perusahaan cat asli Indonesia ini turut terlibat dalam Persiapan Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) pada Sabtu (27/08/2022). 

Baca Juga: Presiden Jokowi Agendakan Lakukan Groundbreaking Istana Negara di IKN Bulan Ini

Sebagai perusahaan milik anak bangsa, merupakan suatu kebanggaan bagi Propan Raya dapat berkolaborasi untuk membangun IKN Nusantara dengan memberikan pelatihan khususnya dibidang teknologi pengecatan. Hal ini dikarenakan sebagus apapun desain, finishing cat memiliki peran yang sangat penting dalam mempengaruhi tampilan sebuah bagunan.

Direktur Propan Raya, Yuwono Imanto memaparkan kesiapan perusahaan yang didirikan oleh Doktor Hendra Adidarma pada tahun 1979. “Propan Raya siap berkolaborasi dengan Kementerian PUPR untuk memberikan pelatihan terkait pengecatan kepada Tenaga Kerja Konstruksi di IKN Nusantara. Tidak hanya teori yang akan kami ajarkan, melainkan praktek langsung di lapangan, sehingga para TKK dapat menerapkan langsung langsung untuk pembangunan IKN,” ucap Yuwono. 

Apalagi, berbagai produk Propan Raya juga sudah banyak digunakan pada proyek-proyek pemerintahan, dimulai dari pengecatan proyek Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Bandara Soekarno Hatta, renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Mesjid Istiqlal, rusun PUPR, berbagai universitas, berbagai sekolah, hingga proyek pengecatan jalan tol.

Direncanakan pada tahun 2022-2024 merupakan tahap awal pembangunan IKN dimana pada tahap ini akan ada pembangunan infrastruktur utama (Kawasan Inti Pusat Pemerintah/KIPP) dan perumahan di area utama IKN beserta infrastruktur dasar. Jadi Persiapan Tenaga Kerja Konstruksi ini merupakan langkah awal yang tepat demi pembangunan IKN.

Nantinya, Propan Raya akan memberikan pelatihan seputar cat tembok, cat kayu, cat besi, dan kebutuhan cat yang disesuaikan dengan pembangunan IKN. Propan Raya juga akan menyediakan modul pelatihan dan instruktur pelatihan yang ahli di bidangnya sehingga TKK yang menerima pelatihan akan menjadi TKK terampil dalam bidang pengecatan.

Baca Juga: Ekonomi Makin Pulih, Penyaluran Kredit BTPN Naik Hingga 10%

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Advertisement

Bagikan Artikel: