Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jaring Bibit Pemain Sepak Bola Papua, Jokowi Resmikan PFA

Jaring Bibit Pemain Sepak Bola Papua, Jokowi Resmikan PFA Kredit Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (31/8).

Jokowi menyampaikan, tanah Papua telah melahirkan sejumlah talenta berbakat di bidang olahraga sepak bola. Mulai dari Rully Nere, Yohanes Auri, Aples Tecuari, Alexander Pulalo, Boaz Solossa, Elie Aiboy, Ramai Rumakiek, hingga Ricky Kambuaya.

“Ingin seperti mereka, legenda-legenda ini? Jalannya sudah ada, di depan anak-anakku semuanya, yaitu Papua Football Academy,” ujar Presiden.

Jokowi menceritakan, saat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 lalu dirinya telah meminta komitmen PT. Freeport Indonesia untuk membangun sumber daya manusia (SDM) Papua termasuk di bidang olahraga.

“Saya minta komitmen PT Freeport untuk pembangunan SDM di tanah Papua, dan saya minta agar fasilitas-fasilitas yang dipakai untuk PON ini bisa terawat dengan baik, dan saya minta dibangun di Papua akademi sepak bola. Dan, hari ini sudah terwujud yang namanya Papua Football Academy,” ujarnya.

Jokowi mengatakan, di PFA untuk meraih prestasi anak-anak digembleng kedisiplinan serta latihan rutin dan terus didampingi oleh pelatih yang memiliki reputasi yang baik.

“Oleh sebab itu, saya harap anak-anak di Papua Football Academy memanfaatkan dengan baik kesempatan yang telah diberikan untuk menimba ilmu di bidang sepak bola ini,” Ujarnya.

Jokowi mengungkapkan saat ini sudah ada 30 peserta PFA dimana merupakan hasil seleksi dari 477 anak Papua. Jokowi pun meyakini, anak-anak tersebut merupakan  bibit talenta berbakat yang telah diseleksi dengan baik.

“Tidak hanya sepak bola, disiapkan juga pendidikan formalnya, sehingga tetap sekolah yang kita harapkan nanti ini akan menjadi pemain-pemain bola yang memiliki jiwa percaya diri yang kuat, karakter yang kuat, yang kompetitif, yang sportif tapi juga pandai dan pintar,” pungkas Presiden.

Baca Juga: Salahkan Aremania di Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kader Demorkat: Pantes Ade Armando Dikeroyok di Depan DPR!

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: