Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lebih Cepat dan Jangkauan Lebih Jauh, Ini Upgrade Tipe 12, Rudal Jarak Jauh Jepang buat Habisi China

Lebih Cepat dan Jangkauan Lebih Jauh, Ini Upgrade Tipe 12, Rudal Jarak Jauh Jepang buat Habisi China Kredit Foto: Reuters/Kim Kyung-Hoon
Warta Ekonomi, Tokyo -

Jepang mengatakan pada Rabu (31/8/2022) akan mengembangkan dan memproduksi massal rudal jelajah dan rudal balistik berkecepatan tinggi. 

Pengumuman itu merupakan sebuah respons untuk menyerang target yang lebih jauh sebagai bagian dari ekspansi militer yang ditujukan untuk menghadapi ancaman dari China dan Rusia.

Baca Juga: Gedung Putih: Pejabat Keamanan Nasional Amerika, Jepang, dan Korea Selatan bakal Duduk Bareng

Rencana pengadaan yang diungkapkan dalam permintaan anggaran tahunan Kementerian Pertahanan yang merupakan perubahan selama puluhan tahun terhadap Pasukan Bela Diri Jepang yang dibatasi secara konstitusional.

"China terus mengancam akan menggunakan kekuatan untuk mengubah status quo secara sepihak dan memperdalam aliansinya dengan Rusia," kata kementerian itu dalam permintaan anggarannya.

Jepang juga menyorot dan memerhatikan perkembangan situasi di Taiwan setelah China melakukan sejumlah manuver militer di sekitar pulau itu.

"Ini juga memberikan tekanan di sekitar Taiwan dengan latihan militer yang seharusnya dan tidak meninggalkan penggunaan kekuatan militer sebagai cara untuk menyatukan Taiwan dengan seluruh China," katanya.

Kekhawatiran tentang ambisi regional China tumbuh bulan ini setelah negara itu menembakkan lima rudal balistik ke perairan kurang dari 160 km (100 mil) dari Jepang dalam unjuk kekuatan setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan.

Kementerian juga menyebut Korea Utara sebagai ancaman bagi Jepang.

Permintaan anggaran adalah untuk pendanaan untuk memproduksi massal rudal jelajah yang diluncurkan di darat, versi jarak jauh dari rudal Tipe 12 yang dirancang Mitsubishi Heavy Industries yang sudah digunakan, untuk menyerang kapal, dan balistik meluncur berkecepatan tinggi baru. rudal yang mampu mengenai target darat.

Kementerian juga mencari uang untuk mengembangkan proyektil lain, termasuk hulu ledak hipersonik.

Kementerian tidak memberikan kisaran untuk senjata yang diusulkan, atau mengatakan berapa banyak yang direncanakan untuk dikerahkan, tetapi mereka kemungkinan akan dapat mencapai target di daratan China jika dikerahkan di sepanjang rantai pulau Okinawa barat daya terdekat Jepang.

Jepang telah memesan rudal yang diluncurkan dari udara, termasuk Joint Strike Missile (JSM) buatan Kongsberg Norwegia, dan Joint Air-to-Surface Stand-Off Missile (JASSM) Lockheed Martin Corp dengan jangkauan hingga 1.000 km (620 mil).

Tidak seperti peluncur kapal atau darat, bagaimanapun, jumlah yang dapat ditembakkan dibatasi oleh berapa banyak pesawat yang dapat ditempatkan di udara untuk menembakkannya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: