Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sandiaga Uno Segera Siapkan Tower Telekomunikasi di Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari, Sultra

Sandiaga Uno Segera Siapkan Tower Telekomunikasi di Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari, Sultra Kredit Foto: Kemenparekraf
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyambangi Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Kehadiran Sandiaga Uno dalam rangka Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 di Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari. 

Sandiaga disambut dengan hangat oleh duta wisata yang membawa selendang di atas nampan untuk kemudian menyaksikan tarian penyambutan Suku Tolaki. Unsur pimpinan daerah seperti Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga tampak menyambut. 

Baca Juga: Dongkrak Pemulihan Pariwisata, BRI Selenggarakan “BRI Travel Fair 2022”

Desa Moramo Sumbersari masuk dalam daftar 50 besar desa wisata terbaik dalam ADWI 2022. Tentu bukan perkara mudah. 

Bicara potensi wisata, Desa Moramo Sumber Sari memiliki air terjun nan indah. Itu merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia. Perjalanan dari Bandara Haluoleo Kendari ke desa ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit.

Berada di Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa yang memiliki luas sekitar 38.937 hektar. Itu juga dikenal sebagai kawasan dengan kandungan marmer terbesar di dunia. Diperkirakan sekitar 860 miliar kubik marmer tersimpan di Suaka Alam Tanjung Peropa. Terdapat juga binatang khas Sulawesi Tenggara yaitu Anoa dan Burung Rangkok serta satwa lainnya. Moramo menjadi ikon pariwisata di Sulawesi Tenggara berkat keanggunan hutan alamnya dan keindahan cascade.

Bicara seni budaya warisan leluhur, desa tersebut memiliki Tarian Mondotambe dan Umoara, yang mengambarkan penghargaan dan penghormatan terhadap tamu. Lalu ada Tari Lariangi yang mengadaptasi cerita legenda tentang 7 bidadari yang terkenal. Ditarikan oleh tujuh penari perempuan dengan dua penari pria yang beraksi menggunakan parang. Konon kedua penjaga ini berperan untuk menjaga Air Terjun Moramo. 

Kepada awak media, Mas Menteri menerangkan, Desa Wisata Sumber Sari, Air Terjun Moramo merupakan paket lengkap, karena memiliki aspek konservasi dan paket sumber energi baru dan terbarukan melalui pemanfaatan sumber mikrohidro yang menjadikan listrik.

Baca Juga: Tinggalkan Dolar, Indonesia dan Malaysia Sepakati Penggunaan Mata Uang Lokal

Editor: Alfi Dinilhaq

Advertisement

Bagikan Artikel: