Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ukraina Capai Kemajuan Signifikan, Zelenskiy: Tiga Wilayah Rusia Jatuh ke Tangan Militer

Ukraina Capai Kemajuan Signifikan, Zelenskiy: Tiga Wilayah Rusia Jatuh ke Tangan Militer Kredit Foto: Reuters/Ukrainian Presidential Press Service
Warta Ekonomi, Kiev, Ukraina -

Presiden Volodymyr Zelenskiy pada Minggu (4/9/2022) menandai kemajuan dalam serangan balasan Ukraina yang dimulai pekan lalu. Zelenskiy berterima kasih kepada pasukannya karena mengambil dua pemukiman di selatan, yang ketiga di timur, serta wilayah tambahan di timur negara itu.

Dia tidak mengatakan dengan tepat di mana wilayah itu berada dan tidak memberikan batas waktu kecuali mengatakan bahwa dia telah menerima "laporan bagus" pada pertemuan hari Minggu dari komandan militer dan kepala intelijennya.

Baca Juga: Kenyataan di Medan Perang Ternyata Bikin Rusia Rugi, Intelijen Amerika Buka-bukaan: Ukraina Bisa Menang

Dalam pidato video malamnya, Zelenskiy berterima kasih kepada pasukannya karena membebaskan sebuah pemukiman di wilayah Donetsk timur, mengambil "ketinggian tertentu" juga di wilayah timur di arah Lysychansk-Siversk dan karena membebaskan dua pemukiman selatan.

Kyrylo Tymoshenko, wakil kepala kantor kepresidenan, sebelumnya pada hari Minggu memposting gambar tentara yang mengibarkan bendera Ukraina di atas sebuah desa yang dicapnya berada di wilayah selatan yang menjadi fokus utama serangan balasan.

"Vysokopillya. Wilayah Kherson. Ukraina. Hari ini," tulis Tymoshenko dalam unggahan Facebook di atas foto tiga tentara di atas atap, salah satunya memasang bendera Ukraina di sebuah tiang.

Terletak di utara semenanjung Krimea, yang diinvasi dan dicaplok Moskow pada Februari dan Maret 2014, wilayah Kherson direbut oleh pasukan Rusia di awal konflik saat ini.

Lysychansk diklaim oleh separatis pro-Rusia di wilayah Luhansk pada awal Juli sebagai bagian dari pertempuran atas daerah pertambangan batu bara Donbas di Ukraina timur, yang juga termasuk Siversk.

Baca Juga: Ganjar-Prabowo Zonk? Jokowi Diduga Cuma Mau Ganti Wapres Saja di 2024

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: