Pilihan Konten Kreatif Buat Pengusaha, Bisa Bikin Bisnis Makin Berkembang Pesat!
Pembuatan konten kreatif di berbagai platform media digital turut membantu perkembangan bisnis. Strategi ini membantu penjual online atau digital meningkatkan keterlibatan audience, mulai dari jumlah like, share, hingga menambah jumlah follower.
“Ada beberapa konten kreatif, antara lain konten etertain, inspirasi, edukasi, percakapan (podcast), dan promosi,” kata Dosen dan Praktisi IoT & Artificial Intellegence, Yudhis Thiro Kabul Yunior,S.T.,M.Kom saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Jumat (2/9/2022).
Baca Juga: Semen Indonesia Manfaatkan Panel Surya dalam Operasional Bisnis
Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.
Yudhis menjelaskan, pemilihan jenis konten menjadi hal utama yang perlu dilakukan. Setelah itu, individu dapat mencari berbagai reverensi konten terkait. Terapkan metode amati, tiru, dan modifikasi sehingga konten yang dihasilkan lebih menarik.
“Jadi selain menentukan arah, kemudian gali inspirasi sebanyak-banyaknya dari beberapa konten yang sudah ada, kemudian modifikasi. Cari value apa yang ingin ditonjolkan di konten kita,” kata Yudhis.
Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.
Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Ketua Prodi Ilmu Komunikasi SGU, ASPIKOM, MAFINDO, Loina Lalolo Krina Perangin-angin. Kemudian Dosen, Praktisi IoT, dan Artificial Intellegence, Yudhis Thiro Kabul Yunior,S.T.,M.Kom, serta Jurnalis dan Relawan TIK, Guntur Rahmatullah.
Baca Juga: Modal Simpel Pengusaha di Era Digital, Simak!
Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Aldi Ginastiar