Dukung Kampanye Wonderful Indonesia, Kemenparekraf Akan Luncurkan Banyak Konten Bersama Netflix
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenprekraf) bersama dengan Netflix menjalin kerja sama yang akan dilakukan selama satu tahun untuk mendukung kampanye Wonderful Indonesia.
Peresmian peluncuran kemitraan dilaksanakan pada hari ini, Selasa (6/9/2022), dengan dihadiri oleh Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, serta Dean Garfield selaku Wakil Presiden Kebijakan Publik Global Netflix.
Sebagai bentuk peresmian, nota kesepahaman kedua pihak ditandatangani oleh Ni Wayan Giri Adnyani, Plt Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Bapekraf bersama dengan Ruben Hattari selaku Direktur Kebijakan Publik Asia Tenggara Netflix.
Baca Juga: Ajak Netflix Berkolaborasi, Sandiaga Uno Akui Industri Perfilman Indonesia Beri Dampak Besar
Bersama dengan peresmian kerja sama ini, Netflix dan Kemenparekraf juga merilis video promosi berisikan kompilasi klip dari berbagai konten original Netflix yang menayangkan pemandangan destinasi wisata, kuliner, dan produk ekonomi kreatif dari berbagai wilayah di Indonesia yang diproduksi mendukung untuk kampanye Wonderful Indonesia.
Untuk mendorong kampanye ini lebih jauh lagi, Kemenparekraf bersama Netflix juga akan merilis konten-konten berisikan pesona Indonesia. Sandiaga menuturkan bahwa setidaknya, untuk saat ini akan ada delapan konten yang akan dirilis dalam Netflix.
“Pertama, yang baru kita roll out itu ada delapan konten. Tapi kita ingin selanjutnya bertambah lebih banyak, menjadi delapan belas, delapan puluh, sampai delapan ratus judul dan terus bertambah seterusnya,” tutur Sandiaga kepada rekan media.
Delapan konten pertama akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan sampai dengan tahun 2024 dan direncanakan akan bertambah sehingga dapat menyesuaikan dengan target selanjutnya. Terkait dengan genre konten, Sandiaga menjelaskan, konten yang disediakan akan memuat banyak genre, tidak hanya film panjang, tapi juga mencakup film pendek, dokumenter, animasi, film-film berbasis musik, berbasis olahraga, dan lainnya.
Kerja sama yang dilakukan bersama dengan Netflix ini diharapkan dapat mempercepat pemulihan perekonomian dan membuka banyak peluang usaha ke depannya. Hasil dari kolaborasi ini diharapkan mampu memberikan dorongan bagi industri pariwisata dan sektor industri kreatif Indonesia. Namun, dalam pelaksaanannya ini, Sandiaga mengakui menemui tantangan.
“Tantangannya lebih ke arah bagaimana kita bisa berkoordinasi, mengorkestrasi, bahwa ini peluang, dan melakukan match making antara platform dengan konten. Itu menurut saya tantangan terbesarnya, dan pemerintah hadir di situ untuk memfasilitasi,” ungkapnya.
Dengan melihat pada kondisi dan potensi industri kreatif di Indonesia saat ini, Sandiaga menyatakan bahwa ada banyak ruang untuk berkembang karena Indonesia memiliki ragam budaya dan tradisi serta banyak talenta yang jumlahnya semakin meningkat.
“Ini [kolaborasi Netflix dengan Kemenparekraf RI] adalah program di mana kita bisa mengakselerasi showcase dari konten-konten Wonderful Indonesia dan memperkenalkan keindahan Indonesia di kancah internasional,” pungkas Dean memberikan dukungannya pada kampanye ini.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: