Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Elon Musk Ungkap SpaceX dan Apple Tengah Kerja Sama: Ada Fitur Baru di iPhone 14!

Elon Musk Ungkap SpaceX dan Apple Tengah Kerja Sama: Ada Fitur Baru di iPhone 14! Kredit Foto: Instagram/elonrmuskk
Warta Ekonomi, Jakarta -

Miliarder Elon Musk baru saja membongkar rahasia antara SpaceX dan Apple. Musk mengatakan bahwa kedua perusahaan itu tengah bekerja sama terkait konektivitas Starlink pada perangkat iPhone 14 yang baru saja diluncurkan.

"Tim iPhone [jelas] super pintar," ujar Musk melalui Twitter yang dikutip dari Fox Business di Jakarta, Senin (12/9/22). "Yang pasti, menutup tautan dari luar angkasa ke ponsel akan bekerja paling baik jika perangkat lunak dan perangkat keras ponsel beradaptasi dengan sinyal berbasis ruang angkasa vs Starlink murni meniru menara seluler."

Cuitan Musk itu pun datang sebagai balasan kepada pengguna yang menyarankan agar Apple bermitra dengan SpaceX pada SOS darurat iPhone 14 melalui fitur satelit.

Baca Juga: Kenaikan Suku Bunga yang Tajam, Elon Musk Peringatkan The Fed: Awas Deflasi!

Menurut Apple, SOS darurat melalui satelit akan memungkinkan pengguna iPhone 14 mengirim pesan ke layanan darurat saat mereka berada di luar jangkauan seluler atau Wi-Fi.

Fitur ini akan memberikan kuesioner kepada pengguna untuk menilai situasi mereka sebelum menunjukkan ke mana mereka harus mengarahkan perangkat untuk terhubung ke satelit. Kuesioner awal dan pesan tindak lanjut kemudian diteruskan ke pusat yang dikelola oleh spesialis terlatih Apple yang meminta bantuan atas nama pengguna.

Selain itu, pengguna juga dapat membagikan lokasi mereka secara manual melalui satelit dengan fitur "Find My" ketika tidak ada koneksi seluler atau Wi-Fi.

SOS darurat melalui satelit akan tersedia untuk pengguna iPhone 14 di AS dan Kanada pada bulan November dan akan gratis selama dua tahun pertama.

Dalam pengajuan dengan Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS, perusahaan komunikasi satelit GlobalStar mengatakan juga akan bermitra dengan Apple dalam SOS darurat melalui fitur satelit dan bahwa raksasa teknologi telah setuju untuk membayar 95% dari biaya untuk satelit baru yang terkait dengan fitur tersebut.

Selain pembicaraan dengan Apple, SpaceX baru-baru ini mengumumkan kemitraan dengan T-Mobile untuk menghilangkan zona mati di daerah pedesaan melalui satelit. Layanan baru ini diharapkan akan dimulai dengan mengirim pesan dalam fase beta yang dimulai pada akhir tahun depan.

SpaceX juga bermitra dengan Royal Caribbean untuk konektivitas Starlink di kapal pesiarnya dan Hawaiian Airlines dan maskapai semi-swasta JSX untuk layanan Wi-Fi di penerbangan.

Baca Juga: Novel Sebut Langkah KPK Jegal Anies Lewat Formula E Berbahaya, Denny Siregar: Untung Lu Udah Keluar KPK, Kalau di Dalam...

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: