Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kobarkan Semangat Mahasiswa, Zulkifli Hasan: Hidup Itu Kompetisi

Kobarkan Semangat Mahasiswa, Zulkifli Hasan: Hidup Itu Kompetisi Kredit Foto: Kemendag
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau yang kerap disapa Zulhas mengajak mahasiswa untuk mempersiapkan diri dengan baik. Khususnya, dalam menghadapi persaingan nasional maupun global.

"Hidup itu dari lahir hingga besar merupakan kompetisi. Dunia cepat sekali berubah. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh belajar agar bisa ikut bersaing secara nasional maupun global," ujar Zulhas saat memberikan pengantar dalam PKKMB Universitas Muhammadiyah Jakarta, mengutip dari rilisnya, Senin (12/9/2022).

Baca Juga: Zulkifli Hasan Tak Bisa Sepelekan Amien Rais

Zulhas menyampaikayn, hidup adalah pilihan yakni untuk berlomba mencapai prestasi sebaik-baiknya dan selalu berkompetisi. Menurutnya, terdapat tiga kategori hidup. Pertama, sekedar hidup yakni dilengkapi indra dan nafsu. 

Kedua, hidup sebagai manusia merdeka yang dilengkapi akal dan rasa. Ketiga, hidup sebagai manusia yang berpikir, yaitu menggunakan akal secara optimal sehingga menghasilkan ilmu yang berguna.

Generasi muda, lanjutnya, harus produktif dengan memiliki target peta jalan yang jelas dan daya juang. Dengan sungguh-sungguh dan dengan daya juang nanti hasilnya dapat terukur.

"Generasi muda harus produktif mempunyai ukuran target karena akan menentukan masa depan Indonesia," imbuhnya.

Baca Juga: Awas Kelonjotan, Kinerja Asli Anies Baswedan Dibeberkan Anak Zulkifli Hasan

Sebagai penutup, Zulhas mengajak para mahasiswa untuk terus bersyukur karena dapat menikmati pendidikan hingga bangku kuliah. Yakni dengan belajar bersungguh-sungguh, sekuat tenaga, sepenuh hati agar bisa mendapatkan hasil optimal.

Baca Juga: Gandeng Kadin, Visa Perkuat Literasi Keuangan dan Bisnis Digital di Indonesia

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: