Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Akhirnya Terungkap, Kemenkeu Bantah BTN Mau Dicaplok BNI

Akhirnya Terungkap, Kemenkeu Bantah BTN Mau Dicaplok BNI Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membantah bahwa PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk atau BTN akan diakuisisi oleh sesama bank BUMN yakni PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk atau BNI.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Kekayaan Negara Kemenkeu Rionald Silaban saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR RI di Jakarta, Rabu (14/9/2022). Dia menegaskan, tidak ada rencana akuisisi maupun merger antara BTN dengan BNI.

"Kami mewakili Kementerian Keuangan sebagai ultimate shareholder (BUMN). Kami belum pernah menerima proposal terkait dengan usulan merger (BTN dan BNI)," tegas Rionald. Baca Juga: DPR Kasih Lampu Hijau BTN untuk Rights Issue Rp4,13 Triliun

Jawaban Rionald ini pun mendapatkan apresiasi dari anggota Komisi XI yang hadir karena meluruskan wacana liar yang berkembang akhir-akhir ini. "Kalau pak Rio sudah berkata seperti ini maka ini bisa menjadi jaminan bagi kita semua," kata Anggota Komisi XI dari Fraksi PDI Perjuangan Eriko Sotarduga.

Apresiasi terhadap jawaban ini juga disampaikan oleh Anggota Komisi XI dari Fraksi Nasdem Satori. "Mendengar jawaban pak Rio rasanya plong. Terima kasih pak itu suatu kepastian terkait masalah yang belum jelas," ujar Satori.

Sebelumnya tentang isu akuisisi BTN oleh BNI, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo meluruskan informasi tersebut. Menurut Kartika yang akrab dipanggil Tiko, wacana tersebut merupakan wacana lama yang sudah dibatalkan."Wacana itu sudah dibatalkan," ungkap Tiko.

Direktur Keuangan BNI Novita Widya Anggraini juga membantah bahwa pihaknya memiliki rencana untuk mengakuisisi BTN. Menurut Novita, wacana ini tidak ada dalam rencana aksi korporasi BNI.

"Nah, terkait wacana akuisisi BTN kami sampaikan bahwa rencana tersebut tidak ada dalam corporate plan BNI dan memang tidak ada arahan lebih lanjut dari pemegang saham untuk menjadikan akuisisi BTN ini menjadi aksi korporasi BNI. Sampai saat ini tidak ada rencana itu," ungkap Novita dalam Public Expose Live 2022 yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia secara virtual, Selasa (13/9/2022).

Baca Juga: Nicho Silalahi Sindir Muka Puan yang Cemberut saat Bagikan Kaos, Eh Dibandingkan dengan Presiden Jokowi, Ternyata...

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: