Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Muhamad Catur Gunadi, Pengusaha Multi Bisnis yang Menginspirasi

Kisah Muhamad Catur Gunadi, Pengusaha Multi Bisnis yang Menginspirasi Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Siapa yang masih ingat dengan Cireng Salju Bonju? Sempat menjadi rising star sejak kehadirannya di tahun 2014, dan berhasil mewujudkan mimpi para reseller yang dikenal dengan jargon Tukang Cireng Naik Haji, kisahnya dapat menjadi inspirasi bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis. 

Owner dari bisnis tersebut adalah Muhamad Catur Gunandi, akrab disapa Mister Catur, merupakan sosok di balik perusahaan-perusahan yang sukses dan tumbuh dengan cepat.

Pria kelahiran Cimahi tahun 1984 ini, memulai karir sebagai profesional di beberapa posisi di berbagai perusahaan multinasional diantaranya PT Astra Daihatsu Motor (Planning and Production), PT Medco Energi International (Procurement and Logistic) hingga PT Pertamina (Persero) (Sales and Marketing) yang menjadikannya kaya akan pengetahuan menjalan korporasi.

Berbagai prestasi dan pencapaian sebagai profesional telah diraih dalam waktu singkat diantaranya sebagai Best Of Astra Emplyee dengan Jardine Awardsnya di Astra Daihatsu, The Best Key Account Manager PT Pertamina (persero) dan terpilih berkesempatan mengenyam pendidikan di General Electric University serta terpilih menjadi secondee di The McKenzie Institute, USA menyisihkan ratusan talent terbaik lainnya.

Selain itu, dia pun aktif diberbagai organisasi ini diantaranya Persatuan Insinyur Indonesia (PII), KADIN, Hipmi dan Hippi  juga turut mendirikan organisasi IAAI (Indonesia Aeronautic Astronatic Indonesia). 

Akrab disapa Mister Catur, setiap ada kesempatan selalu membaca dan bergaul dengan berbagai kalangan dalam suatu komunitas ataupun pribadi. Kegiatannya ini memberikannya kemampuan untuk membaca tren yang akan terjadi serta melihat momentum yang dapat dimanfaatkan.

Kemampuannya ini mendorong dirinya untuk menetapkan timeline langkah sukses dan bertransformasi menjadi seorang entrepreneur bertangan  dingin.

Tahun 2014, Mister Catur mendirikan sebuah usaha yang pada akhirnya booming menjadi sebuah usaha dengan omset milyaran per bulan. Cireng Salju Bonju dimulai dengan rumahan dengan modal beberapa juta rupiah saja dengan badan usaha PT Bonju Indonesia Mas, hanya dalam waktu satu tahun, omset melesat menjadi milyaran rupiah per bulan.

Distribusinya tidak hanya di dalam negeri tapi merambah hingga ke luar negeri dengan bantuan reseller yang dimilikinya. Cireng Salju Bonju menjadi rising star di tahun tersebut dan berhasil mewujudkan mimpi para reseller diantaranya dikenal dengan jargon Tukang Cireng Naik Haji.

Pada tahun yang sama, Mister Catur mendirikan dan mengembangkan perusahaan-perusahaan yang kini menjadi perusahaan cukup dikenal, yakni PT Jagat Baratama yang fokus di mining contractor services dan construction services, kemudian PT Emnindo Jaya abadi melayani logistic dan pengangkutan khususnya di industri pertambangan.

Tiga tahun kemudian, 2017, Mister Catur melihat momentum di bidang komoditas dalam negeri, dan bergabung dengan PT Arkananta Apta Pratista (ARKA) sebagai Chief Marketing Officer (CMO) sekaligus Chief Financing Office (CFO) yang ditanggannya mendapatkan kontrak kerja Panjang (hingga tahun 2025) di PT Semen Indonesia.

Baca Juga: Satire! Terkait Oversupply Listrik PLN, Hanya Jokowi yang Mampu Lakukan ini Terhadap Rakyat: Enam Presiden Sebelumnya Ngapain?

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: