Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jadi Content Creator, Saatnya Netizen Ikut Semarakkan Era Digital!

Jadi Content Creator, Saatnya Netizen Ikut Semarakkan Era Digital! Kredit Foto: Unsplash/Joshua Rawson-Harris
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kehadiran teknologi digital sebagai bagian kehidupan bermasyarakat kian mempertegas bahwa saat ini sedang berada di era percepatan transformasi digital. Pada awal 2022, Hootsuit dan We Are Social melaporkan jumlah pengguna internet mencapai 204,7 juta setara 73,7 persen dari populasi penduduk Indonesia. 

Namun dengan banyaknya pengguna internet tak serta merta sejalan dengan tingkat kecakapan digital masyarakatnya. "Ubah mindset menggunakan platform digital dengan tidak hanya menjadi penikmat atau distibutor konten saja, tapi berpartisipasi menjadi kreator," ujar Dosen Fikom Unitama, Ahmadi Neja saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di Kabupaten Madiun, Jawa Timur pada Selasa (13/9/2022). 

Baca Juga: OJK dan BNI Siap Dorong Ekonomi Digital Sumbar Melalui UMKM

Lebih jauh ia mengatakan berinternet produktif sekarang ini menjadi ladang rezeki. Produkao konten sebagai influencer, selebgram atau konten kreator dan bahkan sarana pendidikan di mana ada banyak materi pembelajaran atau tutorial. Salah satunya juga menjadi self branding, membangun kekuatan dan menejemen diri. 

Selain itu media sosial adalah kunci sukses di dunia kerja. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Career Builder pada 2.303 orang profesional yang bertugas mencari sumber daya manusia menemukan, sebanyak 65 persen perekrut menggunakan sosial media untuk melihat calon pekerjanya. Kemudian 45 persen di antaranya ingin tahu kualifikasi diri seseorang, dan 51 persen ingin mengetahui bagaimana calon pegawai apakah cocok dengan budaya perusahaan. 

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Madiun, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Baca Juga: Terus Bantu UMKM, PNM Sabet Penghargaan TOP Digital Corporate Brand Award 2022

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain Relawan Mafindo, Puji F. Susanti, Dosen Fikom Unitama, Ahmadi Neja dan Praktisi Media, Ahmad Fatin. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: