Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Musim Libur Usai, Okupansi The Nusa Tetap di Atas 60%

Musim Libur Usai, Okupansi The Nusa Tetap di Atas 60% Kredit Foto: Kabardewata
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mencatat occupancy rate atau tingkat hunian rata-rata kawasan the Nusa Dua, Bali di atas 60% jelang low season atau masa sepi pengunjung.

Direktur Utama ITDC Ari Respati mengatakan tingkat hunian rata-rata hotel di The Nusa Dua mencapai 63,17% pada Agustus 2022. Angka itu relatif stabil terjaga setelah musim libur Juni dan Juli 2022 yang mencapai 60,10% dan 65,37%.

“Tingkat hunian pada Agustus ini juga tumbuh sebesar lebih dari 1.000% dari tingkat hunian rata-rata pada periode Agustus 2021 yang tercatat hanya 5,19%. Dari 19 hotel yang beroperasi di The Nusa Dua, 9 atau 47% hotel mencatat tingkat hunian di atas 60%,” Ujar Ari, kemarin.

Ari menyebut, kunjungan wisatawan pada Agustus, didominasi oleh wisatawan mancanegara yang tumbuh 805% menjadi 62.801 orang dari 6.935 orang pada Agustus 2021.

Ari mengatakan daerah tujuan wisata (DTW) Water Blow Peninsula yang merupakan salah satu spot wisata alam di The Nusa Dua, mencatatkan kunjungan wisatawan mencapai 5.800 orang pada Agustus.

"Kami gembira dapat kembali melihat pertumbuhan positif dari tingkat hunian kawasan The Nusa Dua yang kami kelola. Tingkat hunian rata-rata bulan Agustus yang mencapai angka 63,17% merupakan hal yang sangat baik, mengingat Agustus ini adalah masa peralihan ke low season dan biasanya kunjungan wisatawan mulai menurun,” tambah Ari.

Ari menambahkan selama tiga bulan terakhir The Nusa Dua telah berhasil mencatat tingkat hunian rata-rata di atas 60% yang didorong oleh peningkatan frekuensi penyelenggaraan meetings tingkat nasional dan internasional.

Begitu pula kegiatan kepariwisataan lainnya di Bali dan khususnya di kawasan The Nusa Dua. Ari menyampaikan tingkat hunian rata-rata The Nusa Dua sepanjang Januari – Agustus 2022 tercatat sebesar 33,89%, pada Mei 2022 mencapai lebih dari 50%. Selanjutnya dalam tiga bulan terakhir mencapai lebih dari 60%.

Baca Juga: Ditunjuk Jadi Dirut Baru BTPN, Ini Perjalanan Karir Henoch Munandar

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: