Saatnya UMKM Digitalisasi, Manfaatkan Marketplace Guna Dongkrak Penjualan!
Masifnya kemajuan teknologi memudahkan perkembangan usaha. Individu bisa berjualan online dengan memanfaatkan media sosial dan marketplace.
Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial
Baca Juga: Codeshop Indonesia Dorong UMKM Naik Kelas
Digital Marketer, Lim Sau Liang mengatakan, individu bisa memanfaatkan Google My Business dan Instagram. Sementara TikTok bisa digunakan jika memiliki banyak konten video.
“Jangan semuanya konten jualan. Ini intinya. Buatlah konten edukatif, informatif, dan pastinya bermanfaat,” kata Lim saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Mojokerto, Jawa Timur, pada Rabu (14/9/2022).
Kemudian, lanjut dia, individu bisa berjualan melalui marketplace (lokapasar). Dimulai yang populer seperti Tokopedia dan Shopee. Setiao marketplace memiliki campaign berbayar dan gratis yang bisa membantu peningkatan jualan.
Misalnya Tokopedia, ada campaign Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang biasa digelar pada tanggal 25 ke atas. Pihak lokapasar menyediakan slot eksklusif jika individu membayar, tapi ada juga campaign gratis.
Baca Juga: Lambungkan Image Teh Indonesia di Mata Dunia, BRI Dukung UMKM Sila Tea di Pasar Tong Tong Belanda
“Setiap marketplace menyediakan campaign gratis untuk seller. Kalau kita punya budget lebih akan lebih bagus, kita bisa mengikuti yang berbayar,” kata Lim.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Aldi Ginastiar