Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Westminster Abbey Hening saat Ratu Elizabeth II Dimakamkan, Warga dan Tamu Undangan Khidmat

Westminster Abbey Hening saat Ratu Elizabeth II Dimakamkan, Warga dan Tamu Undangan Khidmat Kredit Foto: Reuters/Sarah Meyssonnier
Warta Ekonomi, London -

Kematian Ratu Elizabeth II pada Kamis, (8/9/2022) lalu masih menyisakan duka di Royal Family. Kepergian sang Ratu membuat para anggota kerajaan mengalami minggu-minggu kelabu, walau akhirnya kepemimpinan Ratu Elizabeth diserahkan penuh kepada sang sulung, Pangeran Charles III sebagai Raja.

Berbagai upacara pun telah dilaksanakan, hingga acara puncak pemakaman dilaksanakan pada hari ini Senin, (19/9/22) di London, dilansir Suara.com.

Baca Juga: Ada 500 Tamu Kenegaraan dan 2.000 Orang Undangan bakal Sesaki Upacara Pemakaman Ratu Elizabeth II

1. Lokasi pemakaman

Jenazah Ratu Elizabeth akan dibawa ke lokasi pemakamannya, yaitu Westminster Abbey dengan State Gun Carriage of the Royal Navy.

Westminster Abbey merupakan gereja dengan arsitektur khas Inggris dan juga merupakan tempat penobatan raja dan ratu Inggris serta pemakaman mereka. Di dalam Westminster Abbey inilah, para mantan raja dan ratu Inggris dimakamkan.

2. Sempat disemayamkan

Sebelum dimakamkan, jenazah Ratu Elizabeth sempat disemayamkan selama 4 hari di Westminster Hall, London, Inggris. Persemayaman ini memang menjadi salah satu tradisi di Inggris untuk mengenang dan mempersilakan orang-orang untuk datang melayat serta mendoakan ratu.

Hingga kemarin, ribuan orang masih memenuhi area Westminster Hall demi memberikan penghormatan terakhir kepada mantan pemimpin mereka tersebut.

3. Pejabat-pejabat negara yang hadir

Para pemimpin pemimpin dari negara lain pun turut hadir di pemakaman sang ratu. Sebut saja Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Presiden India Droupadi Murmu, Presiden Finlandia Sauli Niinistö dan istrinya Jenni Haukio, Presiden AS Joe Biden, Presiden Brazil Jair Bolsonaro, Presiden Korsel Yoon Suk Yeol, Wakil Presiden China Wang Qishan, Perdana menteri Inggris yang baru terpilih Liz Truss, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako.

Semua nama nama tersebut dikonfirmasi akan hadir dalam pemakaman sang ratu. Hingga kini, kedatangan para pejabat negara lainnya masih dikonfirmasi dan beberapa masih dalam perjalanan menuju London.

4. Prosesi pemakaman

Prosesi pemakaman akan dimulai sejak pukul 06.30 waktu setempat dimana Westminster Hall akan mulai ditutup sehingga para masyarakat sudah tidak bisa melihat peti jenazah sang ratu dan prosesi pemakaman akan selesai pukul 12.00 dengan menyanyikan lagu kebangsaan dan ratapan oleh Queen's riper sebagai tanda penutupan segala prosesi pemakaman kenegaraan.

5. WN Inggris diminta mengheningkan cipta

Sebagai bentuk penghormatan, setiap WN Inggris diminta untuk mengheningkan cipta secara mandiri untuk mengenang jasa sang ratu yang telah memimpin Inggris selama lebih dari 70 tahun.

Baca Juga: Kantongi Restu OJK, Bank Bjb Resmi Masuk Jadi Pemegang Saham Bank Bengkulu

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: