Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Megawati Minta Nomor Urut Partai dalam Pilpres 2024 Sama Seperti 2019, Sufmi Dasco: KPU lah yang Tentukan!

Megawati Minta Nomor Urut Partai dalam Pilpres 2024 Sama Seperti 2019, Sufmi Dasco: KPU lah yang Tentukan! Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri sebelumnya mengatakan dirinya pernah mengusulkan kepada KPU, agar nomor partai politik peserta pemilu 2019, tak diubah untuk Pemilu 2024 dan berikutnya. 

Megawati mengatakan hal itu ia sampaikan kepada komisioner KPU di pelantikan Abdullah Azwar Anas sebagai Menpan-RB beberapa waktu lalu.

“Jadi dari pihak PDI Perjuangan, kami mengusulkan kepada KPU untuk melihat kembali, karena ini mengikat dengan masalah perundangan, tapi pengalaman dua kali pemilu, sebenarnya yang namanya tanda gambar itu, nomer itu, sebenarnya saya katakan kepada bapak presiden dan ketua KPU dan Bawaslu, bahwa itu terlalu menjadi beban bagi partai. Kan secara teknis, itu kan harus ganti lagi dengan bendera atau alat peraga yang begitu banyak,” kata Megawati, Jumat (17/9/2022).

Baca Juga: Omongan SBY Soal Tanda Ketidakadilan Pemilu 2024 Bikin Geger, Orang Golkar Ingatkan Elite Politik Punya Tanggung Jawab

Menanggapi usulan Megawati,  Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sufmi Dasco mengatakan terkait hal teknis tersebut menurut Dasco akan diatur KPU sebagai penyelenggara pemilu.

"Saya pikir kan soal pemilu aturan apa namanya mengenai teknis pemilu itu kan nanti akan diatur sendiri oleh KPU," kata Dasco dalam keterangan video yang diterima Republika.co.id, Selasa (20/9/2022).

Baca Juga: 'Kalau Bisa Anies Baswedan Nggak Jadi Capres!', Refly Harun Sependapat Soal Omongan SBY Terkait Tanda Ketidakadilan Pemilu 2024

Menurutnya KPU memiliki pertimbangan apakah tetap menggunakan nomor urut lama atau mengubah dengan nomor urut baru. Apalagi ada banyak parpol baru yang mendaftar jadi peserta pemilu 2024.

"Jadi kemungkinan, ya maksudnya saya hal ini nanti biar KPU lah yang mutusin ya," ucapnya.

Baca Juga: Meriahkan Bulan Bahasa Bali V, Desa Dangin Puri Kangin Gelar Berbagai Lomba

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Republika.

Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel: