Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dorong Ekonomi Hijau, Pemerintah Konsisten Pacu Pembiayaan Berkelanjutan

Dorong Ekonomi Hijau, Pemerintah Konsisten Pacu Pembiayaan Berkelanjutan Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto kembali menegaskan mengenai pentingnya perbaikan bauran energi dan pembiayaan hijau guna mendorong pembangunan ekonomi berkelanjutan.

“Energi alternatif atau renewable energy memiliki cost competitive yang setara sekaligus dapat menjaga baseload yang diperlukan dalam pertumbuhan ekonomi,” katanya saat hadir secara virtual dalam  The Cooler Earth Sustainability Summit 2022 .

Strategi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, lanjutnya, telah diwujudkan dalam berbagai upaya pemerintah yang di antaranya melalui komitmen mencapai net-zero emissions di tahun 2060 atau lebih cepat.

Lewat hal tersebut, ekonomi hijau dapat diharapkan menjadi mainstream dari kebijakan pemerintah. Terkait pembiayaan hijau tersebut, Airlangga menjelaskan pemerintah mendorong berbagai instrumen antara lain Green Sukuk dan juga beberapa pemanfaatan dari refinancing Green Sukuk dengan pengembangan pembangunan fasilitas dan infrastruktur energi terbarukan seperti pembangkit listrik tenaga surya, mikrohidro, dan minihidro.

“Instrumen alternatif seperti blended finance juga disiapkan, terutama skema pembiayaan dengan menampung dana dari filantropi atau swasta serta berbagai lembaga pengelola dana multinasional ataupun perencanaan seperti ADB atau World Bank. Badan Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup juga telah didirikan untuk membantu pembiayaan pada program ekonomi hijau,” jelasnya.

Baca Juga: Didatangi Anies, AHY: Pejuang AHY Juga Pejuangnya Mas Anies Sekarang

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: