Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

SmartSeller Kembangkan Aplikasi OmniChannel, Dorong Efektivitas Penjualan UMKM Lewat Aplikasi

SmartSeller Kembangkan Aplikasi OmniChannel, Dorong Efektivitas Penjualan UMKM Lewat Aplikasi Kredit Foto: Unsplash/Nasik Lababan
Warta Ekonomi, Jakarta -

SmartSeller, perusahaan teknologi di bidang shipping dan order management, menghadirkan sebuah platform untuk mempermudah para UMKM mengatur sistem pemesanan barang dan pengiriman bagi seluruh pelanggan mereka lewat satu aplikasi saja.

Melalui cloud-based Omnichannel yang kuat, layanan ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM online maupun offline meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses penjualan. Platform yang dahulu bernama Ngorder ini telah digunakan oleh lebih dari 50.000 pemilik bisnis online maupun offline di berbagai bidang, seperti fesyen, F&B, kosmetik, aksesoris, dan elektronik untuk menjalankan bisnisnya sehari-hari.

“Tujuan kami adalah membebaskan sellers dari kerumitan operasional dalam menjalankan bisnis online. Lewat aplikasi kami, para pemilik bisnis dapat melakukan tracking pengiriman, memantau stok barang, dan berbagai kebutuhan lainnya dengan mudah, semudah sentuhan jari ke layar smartphone. Dengan begitu, mereka memiliki lebih banyak waktu untuk membangun brand yang disukai customer”, ujar CEO SmartSeller Agus E Setiyono dalam keterangan tertulis, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: 79% UMKM di Jawa Barat Masih Belum Melek Digitalisasi

Pemilik toko online Zalona Store, Wilona dan Reza Pahlevi, mengungkapkan bahwa SmartSeller memberikan beragam solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi. “Alhamdulillah dengan pakai SmartSeller dalam setahun terakhir ini jadi lebih simpel gitu, kita bisa cek stok, invoicenya lebih mudah, kita bisa tau ongkir dari JNE, JTR, POS, atau lainnya. Meminimalisir kesalahan sih, sama waktu jadi lebih efektif. Jadi CS bisa ngerjain yang lain," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (22/9/2022).

Aplikasi SmartSeller juga memungkinkan pemilik UMKM online untuk mengatur penjualan di Omnichannel, di mana seller dapat mencatat penjualan dari berbagai platform seperti media sosial, website, dan marketplace. Selain itu, para pengguna SmartSeller juga dapat memiliki sistem khusus dropshipper, agen, dan reseller untuk melakukan order, cek stok, dan cek produk.

Seluruh pelaku bisnis online dapat memanfaatkan beragam fitur di SmartSeller untuk merasakan kemudahan dalam melayani pelanggan. Pada fitur Order Management, para pengguna dapat mencetak label pengiriman dan invoice, mendapatkan notifikasi nomor resi secara otomatis, mendapatkan barcode untuk input produk dengan cepat, secara bebas mengatur diskon dan voucher order, dan melihat mutasi bank untuk mengecek konfirmasi pembayaran. Sedangkan, para pembeli dapat memilih alternatif pembayaran baik secara cash maupun cicilan, dan melakukan pembayaran secara digital.

Pada fitur Shipping Management, pengguna dapat secara langsung mengecek jumlah ongkir dari puluhan kurir, mengatur dan melacak berbagai jenis pengantaran, menerima pembayaran baik secara COD, cash, ataupun digital, dan melakukan pengiriman langsung dari rumah penjual. SmartSeller telah bekerjasama dengan berbagai rekanan logistik ternama yaitu JNE, J&T express, SiCepat, Lion Parcel, SAP, JX Express, dan ID Express. Melalui fitur ini, pengguna juga dapat memanfaatkan sistem inventory di aplikasi yang dapat membantu mengelola stok barang sehingga proses penjualan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Bagi para pengguna yang memanfaatkan sejumlah platform marketplace untuk berjualan, SmartSeller punya fitur Marketplace Integration yang memudahkan pengguna untuk import semua produk, mengatur dan memperbaharui stok, serta sinkronisasi pemesanan dari sejumlah marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak.

Sejalan dengan tujuan menyediakan aplikasi yang mudah digunakan oleh seluruh pelaku UMKM, SmartSeller memiliki desain tampilan dashboard yang sederhana dan mudah dipelajari, disertai dengan bimbingan video dan bantuan live chat dari customer service SmartSeller. 

SmartSeller juga menawarkan biaya berlangganan termurah dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya, serta penawaran promo-promo ekspedisi yang dapat meningkatkan keuntungan penjual.

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Kembali Laporkan Dua Dapen yang Dikelola BUMN ke Kejagung

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: