Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Siap Nyapres, Ancaman Anies Baswedan Itu Nyata, Prabowo dan Megawati Saja Langsung Gerak Dibuatnya!

Siap Nyapres, Ancaman Anies Baswedan Itu Nyata, Prabowo dan Megawati Saja Langsung Gerak Dibuatnya! Kredit Foto: Instagram/Anies Baswedan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menyoroti bagaimana  ramainya manuver politik yang terjadi usai Anies Baswedan siap mengikuti Pilpres 2024.

Dirinya menilai hal tersebut terjadi karena mantan menteri pendidikan tersebut mempunyai pengaruh yang begitu kuat sebagai seorang tokoh dari luar partai politik.

Baca Juga: Mau Turun Tahta, Anies Baswedan Diduga Akan Jadi Tersangka Kasus Formula E, KPK: Saya Sampaikan...

"Hal itu karena Anies saat ini menjadi satu-satunya tokoh non-parpol paling berpengaruh, sehingga tidak dapat didekati dengan mudah karena tanpa perantara," kata Dedi kepada Republika, Kamis (22/9/2022).

Sementara calon lain yang berasal dari unsur partai dinilai mudah dipengaruhi melalui partai. Menurutnya partai-partai akan memperhatikan gerak-gerik politik Anies menjelang Pemilu 2024.

"Itulah sebab, kesiapan Anies di pilpres akan direspons serius calon rival, termasuk konsolidasi, setidaknya merencanakan dua hal, menyiapkan mesin politik menghadapi Anies, atau menyiapkan manuver menjegal Anies," ucapnya. 

Sementara Direktur Eksekutif Para Syndicate, Ari Nurcahyo menyoroti pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Salah satu penyebab hal itu diduga adalah Anies Baswedan yang menyatakan kesiapan untuk maju dalam Pilpres 2024. 

Baca Juga: Harus Lawan Ganjar Pranowo, Loyalis Megawati Dinilai Panik Akan Kecilnya Elektabilitas Puan Maharani

"Kuncinya adalah sebenarnya posisi Anies kemudian dengan statement itu menjadi katalisator bagaimana poros Nasdem, Demokrat, PKS itu semakin konkret karena figur Anies sudah siap," ujarnya, Rabu (21/9/2022). 

Baca Juga: AHY Copot Lukas Enembe dari Ketua DPD Demokrat Papua: Kenapa Baru Dicopot Sekarang Mas?

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: