Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Halo PDIP! Charta Politika Buktikan Elektabilitas Ganjar Nomor 1 Kalahkan Anies dan Prabowo, Gimana Nasib Puan?

Halo PDIP! Charta Politika Buktikan Elektabilitas Ganjar Nomor 1 Kalahkan Anies dan Prabowo, Gimana Nasib Puan? Kredit Foto: Twitter/Ganjar Pranowo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, memaparkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melesat menjauhi nama-nama lain. Menurutnya, dalam simulasi tiga nama, elektabilitas Ganjar ada di angka 37,5%.

Sebelumnya, survei elektabilitas bakal calon presiden 2024 dilakukan Charta Politika yang melakukan jajak pendapat pada periode 6-13 September 2022.

Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Jauh Ungguli Anies, Jhon Sitorus Blak-blakan: Bukan Soal Partai, Apalagi Sekadar Seagama

Disebutkan ada 1.220 responden yang dipilih melalui metode "Multistage Random Sampling" dari WNI berusia minimal 17 tahun. Margin of error survei ini sebesar 2,82 persen dengan quality control dari 20 persen responden.

"Sampai dengan periode survei dilakukan, Ganjar Pranowo menjadi pilihan tertinggi publik sebagai calon presiden," ujar Yunarto, dikutip Suara.com dari ANTARA pada Jumat (23/9/2022).

Sementara di bawah Ganjar ada nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan elektabilitas 30,5%, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 25,2%.

Ganjar Tetap Nomor Satu di Simulasi 10 Nama

Berdasarkan simulasi 10 nama bakal capres 2024, elektabilitas Ganjar juga masih menembus di atas 30 persen. Angka ini jauh melampaui nama-nama lain seperti Prabowo dan Anies.

Baca Juga: Bijak, Ganjar Pranowo Ingatkan Capres Hak Prerogatif Ketum PDIP dan Dewan Kopral Hanya Candaan

Nama Puan Maharani yang digadang-gadang menjadi saingan terberat pencalonan Ganjar oleh PDI Perjuangan juga muncul di simulasi 10 nama dengan elektabilitas yang jauh di bawah Ganjar, seperti berikut:

  1. Ganjar Pranowo 31,1%
  2. Prabowo Subianto 24,4%
  3. Anies Baswedan 20,6%
  4. Ridwan Kamil 7,2%
  5. Sandiaga Uno 2,5%
  6. Puan Maharani 2,4%
  7. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 2,2%
  8. Airlangga Hartarto 1,7%
  9. Erick Thohir 1,6%
  10. Khofifah Indar Parawansa 1,1%
  11. Tidak tahu / Tidak menjawab 4,9%

Baca Juga: Dukung Ekonomi Hijau, BRI Hadirkan Green Building di Kantor Cabang

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: