Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berikut Deretan Nama Kabupaten/Kota yang Terima Hadiah dari Kemenkeu, Simak!

Berikut Deretan Nama Kabupaten/Kota yang Terima Hadiah dari Kemenkeu, Simak! Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam upaya mengendalikan inflasi nasional agar lebih baik lagi, pemerintah berjanji akan memberikan penghargaan atau hadiah berupa dana insentif daerah untuk daerah yang berhasil menekan dan mengendalikan inflasinya lebih baik dari nasional.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati membeberkan bahwa pihaknya melakukan rangking dan memberikan penghargaan untuk 10 provinsi yang dapat mengendalikan inflasi paling tajam semenjak bulan Mei hingga Agustus tahun 2022.

Baca Juga: Waspada Bahaya Resesi Tahun 2023, Ini Penjelasan Sri Mulyani!

"Daerah ini kita rangking atau dalam hal ini hadiah akan diberikan untuk 10 provinsi yang bisa mengendalikan inflasi paling tajam semenjak bulan Mei hingga Agustus tahun ini. Atau yang penurunan tingkat inflasinya jauh lebih rendah dari inflasi nasional," kata Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN KiTa, Senin (26/9/2022).

Lebih lanjut, Sri Mulyani menjelaskan Kabupaten/Kota yang mendapat Dana Insentif Daerah (DID) inflasi tersebut merupakan Kabupaten/Kota yang telah berhasil menekan inflasi, di mana secara rata-rata memiliki kenaikan inflasi dari Mei ke Agustus sebesar 0,26%, yang lebih rendah dari kenaikan inflasi nasional sebesar 1,14%. 

Adapun 10 provinsi yang mendapat DID tersebut, di antaranya, Provinsi Kalimantan Barat mendapat DID sebesar Rp10,83 miliar, Provinsi Bangka Belitung Rp10,82 miliar, Provinsi Papua Rp10,75 miliar, dan Provinsi Sulawesi tenggara Rp10,44 miliar. 

Selanjutnya, Provinsi Kalimantan Timur Rp10,41 miliar, Provinsi D.I Yogyakarta Rp10,41 miliar, Provinsi Banten Rp10,37 miliar, Provinsi Jawa Timur Rp10,33 miliar, provinsi Bengkulu Rp10,33 miliar, dan Provinsi Sumatera Selatan Rp10,12 miliar. 

"Mereka mendapatkan penghargaan dalam bentuk DID, kurang lebih Rp10,43 miliar hingga Rp10,8 miliar," ujarnya.

Tak hanya itu, Sri Mulyani turut memberikan rangking untuk provinsi yang memperbaiki kinerja inflasinya dari Mei ke Agustus. Ke-15 kabupaten terbaik tersebut ialah Kab. Belitung, Kab. Tabolong, Kab. Sinatang, Kab. Merauke, Kab. Kotawaringin Timur, Kab. Banyumas, Kab. Bulukumba, Kab. Cilacap, Kab. Sumba Timur, Kab. Sumenep, Kab. Kudus, Kab. Manokwari, Kab. Banyuwangi, Kab. Indragiri Hilir, dan Kab. Jember. 

"Kabupaten ini rerata mendapatkan penghargaan DID di sekitar Rp10 miliar," imbuhnya. 

Sementara itu, untuk kota yang berhasil mengendalikan inflasi, di antaranya Kota Singkawang, Kota Sorong, Kota Tual, Kota Pontianak, Kota Lhokeseumawe, Kota Kendari, Kota Pematang Siantar, Kota Pare-Pare, Kota Balikpapan, Kota Metro, Kota Yogyakarta, Kota Samarinda, dan Kota Tasikmalaya.

Baca Juga: OJK Bakal Evaluasi Semua Produk Saving Plan di Industri Asuransi

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: