Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Orang Terkaya: Chen Bang, Miliarder China yang Dulang Cuan dari Rumah Sakit Khusus Mata

Kisah Orang Terkaya: Chen Bang, Miliarder China yang Dulang Cuan dari Rumah Sakit Khusus Mata Kredit Foto: Twitter/Forbes
Warta Ekonomi, Jakarta -

Miliarder asal China, Chen Bang adalah salah satu orang terkaya di dunia yang berasal dari sektor kesehatan. Pria kelahiran 1965 ini adalah ketua Grup Rumah Sakit Mata Aier, yang merupakan jaringan oftalmologi terbesar di China. Untuk diketahui, oftalmologi adalah studi yang mempelajari penyakit mata.

Chen Bang lahir di keluarga militer di Changsha. Pada usia 17 tahun, ia mencoba untuk bergabung dengan tentara secara sukarela tetapi tidak diterima karena buta warna. Kemudian Chen Bang mulai bekerja di perusahaan milik negara di Changsha tetapi memutuskan untuk memulai bisnisnya sendiri sebagai pemilik agen jus kelapa.

Baca Juga: Usai Akuisisi Holcim, Orang Terkaya Kedua di Dunia Janjikan Saham Senilai Rp196 Triliun

Pada usia 27 tahun, ia telah menjadi miliarder tetapi kehilangan kekayaannya karena gelembung properti China. Pada tahun 1995, ia kembali memulai bisnis barunya sebagai pendiri taman hiburan budaya rakyat di Taiwan. Namun, bisnis ini juga gagal. Pada tahun 1997, ia mulai mendirikan rumah sakit oftalmologi profesional, dan pada tahun 2001, ia mendirikan Rumah Sakit Mata Swasta Aier.

Hari ini, Chen menjadi miliarder berkat rumah sakitnya. Ini karena pada tahun 2017, perusahaan Chen Bang membeli grup klinik mata terbesar di Eropa, Clinica Baviera SA. Pada tahun 2020, Grup Rumah Sakit Mata Aier memiliki sekitar 500 rumah sakit mata khusus di China, 86 di Eropa, 12 di Asia Tenggara, dan 1 di AS.

Chen berkecimpung dalam properti dan investasi luar negeri sampai bertemu dengan seorang pensiunan dokter mata, yang menginspirasinya untuk membuka rumah sakit sendiri.

Chen Bang saat ini menjabat sebagai Ketua Grup Rumah Sakit Mata Aier yang dianggap sebagai rantai perawatan mata terbesar di China. Dia memutuskan untuk terjun ke bisnis perawatan mata setelah dia mengetahui bahwa negara itu memiliki sejumlah dokter mata dan pelanggan potensial. Selama setahun terakhir, saham Aier's Shenzhen yang diperdagangkan telah berlipat ganda yang membantu Chen Bang untuk bergabung dengan daftar miliarder dunia tahun ini oleh Forbes.

Chen Bang masuk dalam Daftar Miliarder Forbes 2022 dengan perkiraan kekayaan USD12,5 miliar (Rp189 triliun) dan menduduki posisi ke-146. Aier berkantor pusat di Changsha di Provinsi Hunan, Tiongkok tengah.

Baca Juga: Kantongi Restu OJK, Bank Bjb Resmi Masuk Jadi Pemegang Saham Bank Bengkulu

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: