Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Naik Lagi, Harga Tandan Buah Segar Petani Sawit Menjadi Rp2.532 per Kilogram

Naik Lagi, Harga Tandan Buah Segar Petani Sawit Menjadi Rp2.532 per Kilogram Kredit Foto: Austindo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Harga TBS kelapa sawit periode 28 September sampai 4 Oktober 2022 mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur.

Kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 57,09/Kg atau mencapai 2,31% dari harga minggu lalu. Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp 2.532,24 per kilogram. 

Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulfadli mengatakan, kenaikan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal turunnya harga TBS periode ini disebabkan oleh terjadinya kenaikan dan penurunan harga jual CPO dan kernel dari perusahaan yang menjadi sumber data.

Untuk harga jual CPO, PTPN V menjual CPO dengan harga Rp 11.106,75per kilogram dan mengalami kenaikan harga sebesar Rp121,55 per kilogram dari harga minggu lalu.

Selanjutnya Sinar Mas Group dan PT. Citra Riau Sarana tidak melakukan penjualan CPO minggu ini. Astra Agro Lestari Group menjual CPO dengan harga Rp 10.920 per kilogram dan mengalami kenaikan harga sebesar Rp 470 per kilogram dari harga minggu lalu.

Sedangkan untuk harga jual Kernel, PTPNV, Sinar Mas Group, PT. Citra Riau Sarana dan PT. Musim Mas tidak melakukan penjualan pada minggu ini.

Astra Agro Lestari Group menjual Kernel dengan harga Rp 6.531,53/Kg dan mengalami penurunan harga sebesar Rp 216,22/Kg dari harga minggu lalu.

"Sementara dari faktor eksternal, Harga komoditas minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) naik di sesi perdagangan minggu ini.  Pada Selasa (20/9), minyak sawit berjangka Malaysia berakhir melesat 1,05% menjadi 3.737/ton atau US$ 820,68/ton dan mengakhiri penurunannya selama tiga hari beruntun," jelasnya. 

Baca Juga: OJK Bakal Evaluasi Semua Produk Saving Plan di Industri Asuransi

Baca Juga: Lihat Anies Pakai Private Jet, Ferdinand Hutahean: Dia Salah Satu Oligarki Migas?

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: