Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Fix 99%! Anies Jadi Capres NasDem, PKS, dan Demokrat: 'Tinggal Nunggu Kepastian Deklarasi, Alhamdulillah Sudah Ketemu Tanggalnya'

Fix 99%! Anies Jadi Capres NasDem, PKS, dan Demokrat: 'Tinggal Nunggu Kepastian Deklarasi, Alhamdulillah Sudah Ketemu Tanggalnya' Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, berencana mengumungkan keputusan nama calon presiden (capres) yang bakal diusung dalam ajang pemilihan presiden (pilpres) 2024 pada 10 November 2022. Hal ini diungkap oleh Politisi NasDem, Zulfan Lindan.

"Kandidat capres yang akan diusung Partai NasDem itu ada 3 kan sejak awal. Pak Andika Perkasa, Pak Ganjar Pranowo dan Pak Anies Baswedan. Secara logika politik yang paling memungkinkan Anies Baswedan, dan memang akan diumumkan," kata politisi NasDem, Zulfan Lindan, dalam pernyataannya, kemarin.

Menurut kabar yang beredar, NasDem akan menjalin koalisi dengan PKS dan Demokrat untuk bertarung memenangkan kursi pemerintahan di 2024 mendatang. Ditegaskan Zulfan, komunikasi antara ketiga partai ini sangat intens saat ini. PKS maupun Demokrat, kata Zulfan, setuju mengusung Anies.

Baca Juga: PKS Mulai Buka Hati ke Golkar, Nasdem: Masih Bisa Kocok Ulang, Goyang Dumang Juga!

"Jadi soal capres pokoknya sudah selesai, Anies Baswedan capres Partai Nasdem, PKS, dan Partai Demokrat, sudah 99 persen," tambahnya.

Menurutnya, Anies dipilih karena paling rasional di antara tiga capres usulan NasDem. Misalnya Andika Perkasa, akan sulit karena yang bersangkutan statusnya sebagai pimpinan TNI. Sementara Ganjar juga masih kader PDIP.

"Nah, mengharapkan Pak Ganjar ini meninggalkan PDI Perjuangan untuk masuk ke dalam koalisi di luar PDI Perjuangan itu kan juga problem. Waktunya kapan?" tuturnya.

Namun demikian, Zulfan belum memastikan, apakah 10 November nanti, calon wakil presiden (Cawapres) Anies Baswedan juga diumumkan. Bisa diumumkan secara langsung atau bersamaan. Dengan catatan, kalau sudah selesai dibahas antar pimpinan partai koalisi.

"Kalau soal cawapres sudah selesai dibahas ya, ya diumumkan bareng-bareng, tapi kalau belum kan bisa dilanjutkan nanti. Politik itu lentur aja, hari ini keras, besok lentur, sekarang lentur, besok keras, kan biasa itu, seninya berpolitik kan di situ, jangan dilihat kaku," ungkapnya.

Baca Juga: Anies Baswedan Sengaja Jadi Oposisi untuk Tarik Suara Rakyat Jelang Pilpres 2024

Mendengar kabar ini, Relawan Anies dari Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI) H. Syarief Hidayatullah bersyukur. Akhirnya, ada kepastian deklarasi jagoannya sebagai Capres.

"Memang tinggal nunggu kepastian Anies deklarasi. Sebab koalisi kabarnya sudah fix. Alhamdulillah sudah ketemu tanggalnya. Tinggal cawapresnya dirembuk kembali. Prinsipnya relawan dukung Anies dengan siapa pun," kata Syarief kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dikatakan, berbagai simpul relawan sudah bergerak menyosialisasikan Anies di seluruh daerah. Masing-masing daerah mengusulkan nama pendamping atau cawapres yang berbeda. Namun, relawan hanya mengusulkan, yang menentukan adalah partai politik di Poros Gondangdia.

Baca Juga: PertaLife Insurance Cetak Laba Bersih Rp 50,16 Miliar di Kuartal III 2022

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: