Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bukan Janda Jeff Bezos, Terungkap Sudah Wanita Terkaya di AS, Dia Adalah...

Bukan Janda Jeff Bezos, Terungkap Sudah Wanita Terkaya di AS, Dia Adalah... Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Nilai gabungan wanita terkaya di Amerika Serikat (AS) mencapai USD535 miliar (Rp8.168 triliun). Angka ini menurun USD29 miliar dari yang sebelumnya USD564 miliar pada tahun lalu.

Wanita terkaya di AS pun mengalami perubahan, bukan lagi Alice Walton, pewaris retail Walmart yang telah menduduki peringkat tersebut sejak tahun 2015. Hari ini, posisi tersebut dipegang oleh Julia Koch, janda dari miliarder David Koch yang wafat pada tahun 2019 lalu.

Forbes mengunci kekayaan bersih para miliarder ini pada 2 September lalu. Julia Koch bernilai sekitar USD56 miliar (Rp856 triliun), naik dari USD51 miliar (Rp779 triliun) tahun lalu, berkat 42% sahamnya di Koch Industries. Konglomerat industri yang dijalankan oleh saudara ipar Koch, Charles yang sesama miliarder telah diuntungkan dari kenaikan harga minyak, sehingga meningkatkan perkiraan pendapatan tahunan bisnis dari USD115 miliar (Rp1.756 triliun) menjadi USD125 miliar (Rp1.909 triliun).

Baca Juga: Enak Banget! Wanita Terkaya di China Berikan Saham Senilai Rp58 Triliun ke Suaminya

Sementara itu, kekayaan Alice Walton turun USD12,2 miliar (Rp186 triliun) menjadi sekitar USD55,7 miliar (Rp850 triliun), karena saham Walmart anjlok 11% di tengah aksi jual pasar tahun ini dan Forbes merevisi asumsi kepemilikan sahamnya dalam perwalian keluarga.

Di belakang Koch dan Walton ada mantan istri Jeff Bezos, MacKenzie Scott, yang mendapat seperempat saham Bezos di Amazon dalam perceraian mereka pada tahun 2019. Saham raksasa e-commerce ini turun 27%, menjatuhkan USD16,8 miliar (Rp256 triliun) dari kekayaan bersihnya. 

Meski demikian, pekerjaan filantropisnya menarik perhatian dunia. Dia menyumbangkan USD12,6 miliar (Rp192 triliun) sejak Juni 2020, termasuk USD4 miliar (Rp61 triliun) pada tahun lalu, sebagai bagian dari janjinya untuk terus memberi “sampai brankasnya kosong.”

Meskipun terjadi penurunan, 25 wanita menjadi lebih kaya selama setahun terakhir, termasuk Denise York, pememilik San Francisco 49ers, tim paling berharga kedelapan di NFL.

Baca Juga: Mengerikan! UMP DKI Jakarta 2023 Dibawah Angka Inflasi, Ekonom Beberkan Era Heru Budi yang Disebut Bakal Tunduk Oligarki

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: