Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tokopedia Bagikan Tips Analisis Pasar, UMKM Wajib Simak!

Tokopedia Bagikan Tips Analisis Pasar, UMKM Wajib Simak! Kredit Foto: Tokopedia
Warta Ekonomi, Bandung -

Tokopedia terus membantu sekitar 12 juta penjual dikana 100%nya merupakan UMKM lokal, memulai dan mengembangkan usaha melalui pemanfaatan teknologi.

UMKM bisa mendapatkan berbagai materi edukasi yang dapat diakses sepenuhnya secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller dan pelatihan daring yang disediakan oleh tim Merchant Education Tokopedia.

Baca Juga: Tokopedia Ungkap Tren Belanja Sepanjang Kuartal III 2022

Head of Product (Campaign) Tokopedia, Helena mengatakan kemampuan analisis pasar menjadi sangat penting bagi UMKM agar bisa terus beradaptasi dengan perkembangan era.

Untuk itu, ada beberapa tips agar UMKM bisa mengasah kemampuan analisis pasar guna mengoptimalisasi potensi bisnis.

Pertama, kata Helena, pantau produk yang sedang trending di pasar. Pegiat UMKM bisa memakai fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori.

“Dengan begitu, penjual dapat menentukan jenis produk yang sedang populer untuk setiap kategorinya,”kata Helena dalam keterangan resminya, Jumat (30/9/2022)

Baca Juga: Tokoscore dari Tokopedia Luncurkan Produk Terbaru Income Prediction dan Fraud Flags
    
Selanjutnya, pelajari rekomendasi harga produk di pasar. Helena menuturkan UMKM harus makukan analisis perbandingan harga produk yang beredar di pasar sehingga harga yang ditawarkan berada dalam batas normal dan dapat bersaing.

Baca Juga: Mengerikan! UMP DKI Jakarta 2023 Dibawah Angka Inflasi, Ekonom Beberkan Era Heru Budi yang Disebut Bakal Tunduk Oligarki

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: