Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia Ekspor Produk Aluminium ke Enam Negara

Indonesia Ekspor Produk Aluminium ke Enam Negara Kredit Foto: Martyasari Rizky
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melepas ekspor produk aluminium produksi PTMaspion Group sebanyak 22 kontainer senilai US$ 1,2 juta ke enam negara.

“Pemerintah, khususnya Kementerian Perdagangan mencoba  membuka pasar baru sebagai negara tujuan ekspor produk-produk Indonesia,”Kata Zulkifli di Surabaya, Jawa Timur, kemarin.

Zulkifli mengajak pelaku usaha untuk memanfaatkan perjanjian-perjanjian dagang Indonesia dengannegara-negara mitra. Pemerintah sudah membuat jalan tol supaya mudah mengekspor ke negara-negara mitra dagang Indonesia.

“Upaya ini yang kami lakukan untuk membantu pelaku usaha agar dapat menyerbu pasar dunia,” tegasnya. Ia pun mengapresiasi Maspion sebagai salah satu pelaku usaha yang tidak hanya mengisi pasar lokal, tetapi juga berorientasi ekspor

“Kami mengapresiasi Maspion sebagai industri padat karya yang tidak hanya memproduksi untuk pemenuhan pasar lokal,tetapi juga berorientasiekspor,” tambahnya.

Menurutnya capaian kinerjaperdagangannasional tidak terlepas dari peran pelaku usaha Indonesia yangterus mengekspor ke negara mitra dagang.“Pemerintah harus mendukung usaha yang strategis seperti ini melalui peraturan-peraturan yang dapat mendorong kinerja ekspor,” Ucap Zulkifli.

Zulkifli melepas produk aluminium berupa aluminium ekstrusi, tangga aluminium, dan foil aluminium. Negara tujuan ekspornya adalah Amerika Serikat, Australia, Inggris, Selandia Baru, Belgia, dan Vietnam.

Pada2021, Indonesiaberadadiurutanke 24 sebagai negara eksportir aluminium ekstrusi dengan pangsa pasar sebesar 1,02%. Pada2021, nilai ekspor aluminium ekstrusi Indonesia tercatat sebesar US$ 212,77juta atautumbuhcukup signifikansebesar39,91% dibandingkan nilai ekspor pada tahun 2020 yang mencapai nilai US$ 152,08 juta.

Sementaraitu, pada periode Januari–Juli 2022, ekspor produk aluminium ekstrusi Indonesia tumbuh signifikan sebesar 26,97% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Baca Juga: Rocky Gerung Blak-blakan Beberkan Alasannya Selalu Membela Umat Islam, Pantesan!

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: