Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia Jadi Negara Pertama yang Dapat Menikmati Fitur WhatsApp Business Search

Indonesia Jadi Negara Pertama yang Dapat Menikmati Fitur WhatsApp Business Search Kredit Foto: Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam acara Konferensi APAC yang merupakan konferensi Perpesanan Bisnis Meta untuk wilayah Asia Pasifik, WhatsApp mengumumkan bahwa Indonesia akan mendapatkan akses ke fitur Business Search lebih awal dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Di mana melalui fitur ini, masyarakat Indonesia dapat mencari bisnis berskala besar yang menggunakan platform WhatsApp Business langsung melalui WhatsApp.

Pengguna dapat dengan mudah menemukan bisnis tertentu hanya dengan mengetik nama bisnis di bilah Pencarian WhatsApp dan memulai percakapan dengan bisnis atau perusahaan yang telah menggunakan platform WhatsApp Business untuk membangun solusi kustom berskala besar, dan bukan usaha kecil dan menengah (UMKM) yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business.

Deepesh Trivedi selaku Direktur Business Messaging di Meta APAC dalam sebuah siaran pers pada Jumat (30/9/2022) mengatakan bahwa WhatsApp adalah cara yang tepat bagi orang-orang dan pelaku bisnis untuk saling terhubung.

Baca Juga: Cara Memperbarui Whatsapp Aero ke Versi Terupdate

"Sejak meluncurkan Platform WhatsApp Business untuk bisnis berskala besar, kami telah mempercepat dan mempermudah bisnis untuk menyiapkan dan memulai, serta menanggapi pertanyaan pelanggan secara efisien. Sekarang Business Search memberikan cara yang mudah bagi orang-orang untuk menemukan bisnis berskala besar dan mendapatkan bantuan dengan cepat melalui WhatsApp," lanjutnya.

Hal ini didukung dengan sebuah survey bahwa 7 dari 10 orang di Indonesia lebih suka untuk mengirim pesan ke sebuah bisnis daripada menelepon atau mengirim email. Hal ini pun kemudian membuat para pelaku bisnis berskala besar memutuskan untuk mengadopsi WhatsApp agar dapat terubung dengan pelanggan.

Salah satu perusahaan yang menjalankan layanan bantuan chat 24 jam melalui WhatsApp adalah BCA. Santoso selaku Direktur PT Bank Central Asia Tbk mengungkapkan bahwa platform Chat WhatsApp Bank BCA memungkinkan nasabah terhubung dengan BCA 24X7, yang tentunya memudahkan BCA untuk selalu hadir di sisi nasabah.

"Nasabah dapat bertanya seputar produk BCA, mengirimkan informasi dalam format gambar ataupun video yang membantu kami memahami isu yang mereka hadapi dengan lebih baik. Kami sangat antusias Business Search hadir di WhatsApp karena semakin memudahkan nasabah mengetahui akun resmi WhatsApp Bank BCA," ujar Santoso.

Di sisi lain, ada pula Indosat yang mengoperasikan chatbot untuk merespon berbagai kebutuhan pelanggan dan berhasil menyelesaikan hampir 92% kebutuhan pelanggannya via WhatsApp.

"Banyak pelanggan kami yang menggunakan WhatsApp. Jadi kami membuat chatbot yang dilengkapi beberapa fitur, seperti mengecek pulsa dan kuota data, mengunduh tagihan, serta menjawab kebutuhan pelanggan. Sekarang sekitar 92% pertanyaan pelanggan kami dapat diselesaikan via IM3 Official WhatsApp. Oleh karena itu, kami yakin Business Search akan semakin memudahkan pelanggan untuk menemukan kami melalui aplikasi tersebut," pungkas Ritesh Kumar Singh, Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Baca Juga: Pendapatan Asuransi Jiwa CapaiĀ Rp 164,55 Triliun, Turun 4% di Kuartal III 2022

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: